GAMBARAN SELF REGULATED LEARNING PADA SISWA HOMESCHOOLING (Studi Kasus Pada Siswa SMA Kelas X Homeschooling Berkemas)

Authors

  • Gemala Ranty
  • Wirda Hanim
  • Louise Siwabessy

DOI:

https://doi.org/10.21009/INSIGHT.021.10

Keywords:

self regulated learning, homeschooling

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai self regulated learning pada siswa homeschooling setara SMA di komunitas Homeschooling. Penelitian ini melibatkan dua subjek penelitian siswa SMA kelas X yang mengikuti komunitas Homeschooling Berkemas, yang terdiri dari subjek pertama seorang laki-laki (AV) dan subjek kedua seorang perempuan (FZ). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam serta observasi dengan menyusun pedoman wawancara dan observasi terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan subjek pertama (AV) sudah dapat mengelola dirinya dengan baik, subjek sudah memiliki self regulated learning yang baik, subjek memiliki organizing & transforming, goal setting & planning, rehearsing & memorizing, self evaluating, self consequenting, seeking information, keeping records & self monitoring, environmental structuring, reviewing records. namun subjek belum dapat memaksimalkan pencarian bantuan sosial (seeking social assistance). Hasil penelitian terhadap subjek pertama bertentangan dengan subjek kedua (FZ). FZ belum dapat memaksimalkan self regulated learning dalam dirinya, strategi yang belum dimiliki oleh subjek, diantaranya pengorganisasian & transformasi, mengulang dan mengingat, pencarian informasi, membuat catatan dan memonitor diri, mengatur lingkungan, dan peninjauan kembali catatan, akan tetapi subjek memiliki strategi tujuan dan perencanaan, evaluasi diri, konsekuensi diri, dan pencarian bantuan sosial.

Published

2017-05-14