PEMAHAMAN KARIR MELALUI DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS VI SDN 01 KALIDERES JAKARTA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.021.16Keywords:
Pemahaman Karir, Diskusi KelompokAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data yang valid dan shahih mengenai pemahaman karir siswa-siswi kelas VI SDN 01 Pagi Kalideres Jakarta Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif jenis survei. Subjek penelitian siswa-siswi kelas VI SD Negeri 01 Pagi Kalideres Jakarta Barat tahun ajaran 2012-2013 yaitu kelas VI-1, VI-2 dan VI-3 yang seluruhnya berjumlah 40 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak proporsional (proportional random sampling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman karir siswa kelas VI SDN 01 Pagi Kalideres Jakarta Barat tahun ajaran 2012/2013 berada dalam kategori cukup. Layanan bimbingan yang diberikan melalui diskusi kelompok dalam kegiatan bimbingan dengan memanfaatkan satuan/grup cukup efektif meningkatkan pemahaman pendidikan karir siswa VI SDN 01 Kalideres Jakarta Barat. Implikasi hasil penelitian ini adalah metode diskusi kelompok merupakan salah satu pilihan yang dapat diaplikasikan dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa. Guru kelas berfungsi sebagai guru BK yang dapat memberi bimbingan dan konseling termasuk dengan kegiatan pembelajaran.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY