PENGARUH METODE ROLE PLAY DALAM LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL TERHADAP PEMAHAMAN ASERTIF (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X-1 Sma Yadika 4 Pondok Gede)
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.021.19Keywords:
Pemahaman, Asertif, Role playAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui pengaruh metode role play dalam layanan bimbingan klasikal terhadap pemahaman asertif pada siswa kelas X-1 SMA Yadika 4 Pondok Gede. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-experimental, dengan menggunakan model one group pre-test pre-test design yaitu eksperimen yang dilaksanakan dengan menggunakan satu kelompok penelitian melalui pre-test pre-test. Subyek Penelitian ini terdiri atas 41 orang siswa kelas X-1 SMA Yadika 4 Pondok Gede. Hasil uji normalitas diperoleh data pre-test x2hitung = 1,13 lebih kecil dari x2tabel = 11,1 pada taraf signifikan α = 5% dan data pre-test x2hitung= 1,35 lebih kecil dari = x2tabel = 11,1 pada taraf signifikan α = 5%, berarti sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas diperoleh hasil Fhitung = 1,17< Ftabel = 1,69, berarti sampel diperoleh berasal dari populasi berdistribusi homogen. Hasil perhitungan uji hipotesis dengan t-test diperoleh thitung sebesar 22,8 karena thitung= 22,8 > ttabel(0,05; 80)= 1,66, jadi Ho ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode role play dalam layanan bimbingan klasikal terhadap pemahaman asertif pada siswa kelas X-1 SMA Yadika 4 Pondok Gede.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY