PENGARUH PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP PEMAHAMAN KEPRIBADIAN SISWA KELAS X UNTUK PERENCANAAN KARIER DI SMK TUNAS HARAPAN JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.022.04Keywords:
karier, kepribadian, pemilihan karierAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode problem solving terhadap pemahaman kepribadian siswa kelas X untuk perencanaan karier di SMK Tunas Harapan Jakarta. Penelitian dilaksanakan di SMK Tunas Harapan Jakarta Pusat pada bulan Mei 2013 – Juni 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain penelitian One Group Pre test – Post test yaitu eksperimen yang dilaksanakan dengan menggunakan satu kelompok penelitian dengan melihat hasil pre test dan post test. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran sebanyak 30 siswa dengan menggunakan teknik Sampling Insidental. Pengukuran data sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan tes (pre-post test) berupa angket mengenai kepribadian karir Holland. Sebelum instrumen digunakan akan dilakukan terlebih dahulu uji coba instrumen terhadap 34 siswa untuk mengukur tingkat validitas dan reliabilitas instrumen, hasil perhitungan validitas instrumen diperoleh item yang valid sebanyak 99 butir item dari 120 butir item. Hasil reliabilitas diperoleh sebesar 0,889 dengan rumus Alpha Cronbach dan rtabel sebesar 0,344, artinya instrumen pengukur yang diperoleh reliabel dan layak digunakan. Pada uji hipotesis diperoleh thitung =3,870 dengan taraf signifikan (α = 0,05) maka diperoleh ttabel= 2,004 (interpolasi) dengan uji dua pihak. Diperoleh bahwa thitung > ttabel atau 3,870 > 2,004 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode problem solving terhadap pemahaman kepribadian siswa kelas X di SMK tunas Harapan Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY