Gambaran Pencapaian Tugas Perkembangan Siswa SMK Insan Global Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.022.06Keywords:
tugas perkembangan, pencapaian tugas perkembangan siswa SMKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pencapaian tugas perkembangan pada siswa SMK Insan Global Jakarta. Metode yang digunakan adalah survey yang bersifat deskriptif, sampel dan populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Insan Global Jakarta. Teknik sampel yang digunakan adalah Proportional stratified random sampling dengan sampel sebanyak 63 responden. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah Inventori Tugas Perkembangan (ITP) tingkat SMA yang dikembangkan oleh Kartadinata, dkk. Data penelitian dikategorikan sebagai tingkatan perkembangan yang dikemukakan Loevinger untuk siswa tingkat SMA, yaitu Konformitas, Sadar diri, Seksama, dan Individulitas. Hasil penelitian yang diperoleh dianalisa menggunakan program aplikasi khusus ATP (Analisa Tugas Perkembangan) versi 3,5. Secara keseluruhan siswa memiliki skor rata-rata profil tugas perkembangan sebesar 4,67 yang berarti mencapai tingkatan Sadar diri. Dengan demikian siswa memiliki ciri-ciri (1) mampu berpikir alternatif, (2) melihat harapan dan berbagai kemungkinan dalam situasi, (3) peduli untuk mengambil manfaat dari kesempatan yang ada, (4) orientasi pemecahan masalah, (5) memikirkan cara hidup, serta (6) penyesuaian terhadap situasi dan peranan. Adapun tugas perkembangan dengan rata-rata skor tertinggi yang dicapai responden adalah Kematangan Hubungan Dengan Teman Sebaya 4,88, skor ini diasumsikan termasuk pada tingkat pencapaian Seksama. Sedangkan tugas perkembangan dengan skor rata- rata terendah yang dicapai responden adalah Kematangan Emosional 4,53, skor ini mencerminkan responden berada di tingkat Sadar diri. Lebih jauh lagi, skor profil tugas perkembangan yang dicapai kelas X sebesar 4,67, kelas XI sebesar 4,68, dan kelas XII sebesar 4,66. Pencapaian skor ini mencerminkan responden dari seluruh strata berada pada tingkat Sadar diri. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh gambaran pencapian tugas perkembangan siswa SMK Insan Global Jakarta berada pada tingkat Sadar Diri menuju Seksama, maka diperlukan upaya bantuan, agar siswa dapat mencapai tingkatan ideal yang hendaknya dicapai pada masa remaja.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY