PENGARUH METODE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP PEMAHAMAN GAYA BELAJAR DI KELAS VIII-1 SMP DEWI SARTIKA JAKARTA

Authors

  • Heni Ermawati
  • Indira Chanum
  • Aip Badrujaman

DOI:

https://doi.org/10.21009/INSIGHT.022.07

Keywords:

gaya belajar, pemahaman, metode STAD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif penggunaan metode STAD terhadap pemahaman gaya belajar siswa kelas VIII-1 SMP Dewi Sartika Kebon Nanas Utara II Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen, dengan design pre-test post-test group design. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji-t pada taraf siginifikan 0,5% dan analisis deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Skor rata-rata pemahaman berubah dari pre-test sebesar 16,625 menjadi 20,935 terjadi peningkatan sebesar 4,31. (2) Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan uji-t, diperoleh hasil nilai thitung sebesar 12,76 dan ttabel sebesar 1,67. Membandingkan nilai thitung dan ttabel, diperoleh hasil thitung = 12,76 > ttabel = 1,67 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. Berdasarkan hasil data diatas, dapat diinterpretasikan bahwa penerapan bimbingan klasikal dengan metode STAD mempengaruhi pemahaman gaya belajar siswa.

Published

2016-12-31