SURVEI KEPUASAN KERJA GURU PEMBIMBING/ KONSELOR SEKOLAH SMP NEGERI DI KOTAMADYA JAKARTA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.022.08Keywords:
Kepuasan kerja, Guru pembimbing/konselor sekolahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kepuasan kerja guru pembimbing/ konselor sekolah dilihat dari faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja guru pembimbing/konselor sekolah SMP Negeri di Kotamadya Jakarta Timur. Tempat penelitian SMP Negeri Kotamadya Jakarta Timur. Populasi penelitian ini adalah guru pembimbing/ konselor sekolah. Sampel penelitian sebanyak 40 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner (angket), dengan empat kemungkinan jawaban dan skala yang digunakan adalah skala likert yaitu instrumen kepuasan kerja. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja guru pembimbing/konselor sekolah tinggi dengan persentase sebesar 85%, sedangkan kepuasan kerja guru pembimbing/konselor sekolah sedang dengan persentase sebesar 15%. Kedua hasil ini dipengaruhi oleh beberapa aspek yaitu aspek psikologis, sosial, fisik, dan finansial serta faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY