PENGARUH METODE PENCATATAN PETA PIKIRAN (MIND MAP) TERHADAP PEMAHAMAN TIPE-TIPE KEPRIBADIAN HOLLAND (Studi Pre-Eksperimen Kelas XI IPA SMAN 1 Cibungbulang Bogor)

Authors

  • Neneng Permatasari
  • Dharma Setiawaty
  • T I Setiawan

DOI:

https://doi.org/10.21009/INSIGHT.022.11

Keywords:

pemahaman, tipe-tipe kepribadian Holland, metode pencatatan peta pikiran (mind map)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemahaman siswa terhadap tipetipe kepribadian, kemudian untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode pencatatan peta pikiran (mind map) terhadap pemahaman tipe-tipe kepribadian Holland. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode experimen dengan desain Pre-Experimental design berbentuk one group pre-test post-test design.Teknik analisi data yang digunakan adalah uji-t pada taraf signifikan 0,5dan analisis deskriptif . Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) skor rata-rata pemahaman berubah dari pre-test sebesar 11,61 menjadi 21,11, terjadi peningkatan sebesar 9,5. (2) Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan uji-t diperoleh hasil thitung = 23,09 dan ttabel sebesar 1,69, dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel, diperoleh hasil thitung = 23,09 > ttabel = 1,69 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pencatatan peta pikiran (mind map) terhadap pemahaman tipe-tipe kepribadian berdasarkan teori Holland.

Published

2016-12-31