PENGEMBANGAN MODUL INFORMASI KARIR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) SMK NEGERI 26 JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.042.15Keywords:
Modul, Informasi Karir, Kematangan KarirAbstract
Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan permasalahan utama, yaitu kurangnya sumber yang dapat digunakan guru BK dalam memberikan layanan Bimbingan dan Konseling (BK) karir. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar berupa Modul Informasi Karir Untuk Peserta Didik Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 26 Jakarta yang diharapkan dapat membantu peserta didik mencapai kematangan karir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan melalui 5 dari 10 tahapan penelitian yang Borg & Gall yang di modifikasi oleh Sugiyono. Peneliti melakukan pengumpulan data analisis kebutuhan dengan beberapa teknik, yaitu wawancara dan angket. Kompetensi-kompetensi yang terdapat dalam modul dikembangkan dari hasil analisis kebutuhan (mengacu kepada teoriteori mengenai informasi karir). Uji validasi pada penelitian ini dilakukan oleh 3 validator, yaitu ahli media, ahli materi, dan guru BK. Peneliti juga melakukan pengujian keterbacaan pada subjek calon pengguna produk hasil pengembangan yaitu peserta didik kelas X jurusan TKR dengan responden sebanyak 8 orang. Dengan demikian, simpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa modul informasi karir yang dikembangkan dapat digunakan oleh guru BK dalam memberikan layanan bimbingan karir di sekolah.
Kata kunci: Modul, Informasi Karir, Kematangan Karir
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY