Gambaran Dimensi Body Image Siswi Terhadap Pengembangan Self-Help Book Dengan Body Image Cognitive Behavioral Therapy

  • Wening Cahyawulan Universitas Negeri Jakarta
  • Atikah Dwi Rahmattiani Universitas Negeri Jakarta
Keywords: self-help book, dimensi body image, body image cognitive behavioral therapy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dimensi body image pada siswi di salah satu sekolah SMK Negeri Jakarta dan kebutuhan untuk meningkatkan dimensi body image dengan self-help book. Sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sebanyak 141 peserta didik. Alat ukur yang digunakan adalah Multidimensional Body-Self Relations Questionnaire – Appearance Scales (MBSRQ-AS) dan studi kebutuhan self-help book mengenai dimensi body image. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran dimensi body image pada siswi berada pada kategori positif 8,9%, netral 9,2% dan negatif 9,9% . Hal tersebut dimensi body image siswi dalam kategori negatif, sebagian besar siswi belum memiliki pengetahuan mengenai materi dimensi body image, semua siswi pada studi kebutuhan mengenai self-help book terdapat hasil 71,3% dari 141 siswi belum pernah membaca self-help book, dan 79,7% yaitu 114 siswi yang tertarik untuk mengetahui lebih jauh dan membaca self-help book ini. Oleh karena itu, pengembangan self-help book sangat penting untuk membantu siswi dalam meningkatkan dimensi body image.

References

Ali, M., & Asrori, M. (2006). Psikologi remaja. Bumi Aksara.

Ayu, I. P. K., & Kristiana, I. F. (2013). Perbedaan citra tubuh pada mahasiswi pada fakultas eksakta dan fakultas non-eksakta universitas diponegoro semarang. Jurnal Empati, 2(4), 5–6.

Bergsma, A. (2008). Do self-help books help? Journal of Happiness Studies, 9(3), 341–360. https://doi.org/10.1007/s10902-006-9041-2

Cash, T. F. (2000). The multidimensional body-self relations questionnaire. Unpublished Test Manual, 2, 1–12.

Cash, T. F. (2002a). Body image eating disorders and obesity : an integrative guide for assessment and treatment (J. K. Thompson (ed.)). American Psychological Association (APA).

Cash, T. F. (2002b). The multidimensional body–self relations questionnaire (MBSRQ) (3rd Revisi). The Guilford Press.

Cash, T. F. (2008). The body image workbook : an eight-step program for learning to like your looks. In New Harbinger Publications, Inc. New Harbinger.

Cash, T. F., & Smolak, L. (2011). Body image : a handbook of science, practice and prevention. In Guilford Publications, Inc.

Desmita. (2005). Psikologi Perkembangan. PT. Remaja Rosdakarya.

Fazriah, N., Badrujaman, A., & Fitri, S. (2017). Pengaruh konseling kelompok dengan pendekatan body image-cognitive behavioral therapy terhadap siswi smk yang memiliki citra tubuh negatif. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 207–208.

Garber, N. (2015). Cognitive behavioral therapy-and body image. EatingDisorderHope.Com. EatingDisorderHope.com

Grogan, S. (2007). Body image understanding body dissatisfaction in men, women, and children. Routledge.

Jarry, J. L., & Ip, K. (2005). The effectiveness of stand-alone cognitive-behavioural therapy for body image: A meta-analysis. Body Image, 2(4), 317–331. https://doi.org/10.1016/j.bodyim.2005.10.001

Santrock, J. W. (2016). Adolescence sixteenth edition (Sexteenth). United States of America: Mc Graw Hill Education.

Suryani, L., Syahniar, & Zikra. (2013). Penyesuaian diri pada masa pubertas. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 136–137.

Watkins, P. Lou, & Clum, G. A. (2008). Handbook of self-help therapies (W. P. Lou & G. A. Clum (eds.)). Newyork: Routledge.

Wilson, D. M., & Cash, T. F. (2000). Who reads self-help books?: development and validation of the self-help reading attitudes survey. Elsevier, 29(1), 119–129.

Published
2022-01-09