Gambaran Self-Care Guru Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri Se-DKI Jakarta

Authors

  • Eka Wahyuni Universitas Negeri Jakarta
  • Rani Desinta Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/INSIGHT.101.09

Keywords:

self-care, guru bimbingan dan konseling, DKI Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran self-care guru Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri se-DKI Jakarta. Sampel penelitian ini berjumlah 195 guru BK dengan menggunakan teknik convenience sampling. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Pengumpulan data dilakukan secara online dengan menggunakan instrumen Professional Self-Care Scale.  Hasil penelitian menunjukan pada umumnya self-care guru BK di SMA Negeri se-DKI Jakarta berada pada kategori tinggi dengan rerata sebesar 123.14. Sebanyak 184 guru BK (94.36%) memiliki self-care tinggi, terdapat 11 guru BK (5.64%)  memiliki self-care sedang, dan tidak ada satupun guru BK yang memiliki self-care rendah. Pengembangan profesional mendapat rerata paling tinggi sebesar 6.20, sedangkan keseimbangan harian mendapat rerata terendah dengan skor 5.10. Strategi kognitif mendapati rerata sebesar 6.10, dukungan profesional mendapat rerata sebesar 5.90, dan keseimbangan hidup mendapat rerata sebesar 5.80.  Hasil ini menunjukan bahwa guru BK mampu mencari peluang untuk pertumbuhan profesional dan keterlibatan dalam kegiatan profesional yang menyenangkan, dapat memantau stres serta reaksi di tempat kerja, mampu menumbuhkan hubungan saling mendukung dengan rekan kerja, mampu membina hubungan dan kegiatan di luar pekerjaan, namun mereka masih membutuhkan pengembangan tentang mengelola tuntutan pekerjaan serta mengelola kegiatan sehari-hari.

References

ACA. (2014). 2014 ACA Code of ethics. In American Counseling Association (Vol. 22, Nomor 2). https://doi.org/10.5005/jp/books/10287_5
Akmal, S. Z., Rahmatika, R., Sabiq, A., & Utami, S. P. (2018). Efektivitas Pelatihan Perencanaan Karier Bagi Siswa untuk Guru Bimbingan Konseling SMA ( MGBK ) di Jakarta Pusat. 3(1), 441–447.
Badan Pusat Statistik DKI Jakarta. (2020). Provinsi DKI Jakarta Dalam Angka 2020. Provinsi DKI Jakarta Dalam Angka 2020.
Darjan, I., & Tomita, M. (2014). Helping professionals - the bless and the burden of helping. Second World Congress on Resilience: From Person to Society, PG-795-798, 795–798. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.2696.2084
Dorociak, K. E. (2015). Development of the Personal and Professional Self-Care Scale.
Dorociak, K. E., Rupert, P. A., Bryant, F. B., & Zahniser, E. (2017). Development of the Professional Self-Care Scale. 64(3), 325–334.
Dorociak, K. E., Rupert, P. A., & Zahniser, E. (2017). Work life, well-being, and self-care across the professional lifespan of psychologists. Professional Psychology: Research and Practice, 48(6), 429.
Figley, C. R. (2002). Compassion fatigue: Psychotherapists’ chronic lack of self care. Journal of Clinical Psychology, 58(11), 1433–1441. https://doi.org/10.1002/jclp.10090
Global Action On Men’s Health. (2019). Who Self-Cares Wins: A global perspective on men and self-care.
Graf, E. M., Sator, M., & Spranz- Fogasy, T. (2014). Discourses of Helping Professions: Concepts and contextualization. Discourses of Helping Professions, 252, 1–12. https://doi.org/10.1080/10410236.2016.1157911
Hricova, M., & Lovasova, S. (2019). Stress , secondary trauma and burnout-risk characteristics in helping professions a. 1.
Maris, R. W., Berman, A. L., & Silverman, M. M. (2000). Comprehensive textbook of Suicidology. NY: Guilford.
Martin-Johnson, K.-A. (2016). Gender and Self-Care Behaviors in the Burnout of Mental Health Professionals. ProQuest Dissertations and Theses, 144.
Miller, J. J., Donohue-Dioh, J., Niu, C., Glise-Owens, E., & Poklembova, Z. (2019). Examining the self-care practices of child welfare workers: A national perspective. Children and Youth Services Review, 240–245.
Nursanti, A., Sadida, N., & Caninsthi, R. (2019). Cyberbullying Pencegahan Dan Penanganan Pada Guru Bimbingan Kounseling Di Jakarta Pusat. Empowering : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(June 2020), 41. https://doi.org/10.32528/emp.v3i0.2399
O’Neill, M., Yoder Slater, G., & Batt, D. (2019). Social Work Student Self-Care and Academic Stress. Journal of Social Work Education, 55(1), 141–152. https://doi.org/10.1080/10437797.2018.1491359
Rupert, P. A., & Dorociak, K. E. (2019). Self-Care, Stress, and Well-Being Among Practicing Psychologists. Professional Psychology: Research and Practice. https://doi.org/10.1037/pro0000251
Salsabila, R. T. (2020). Gambaran Self-Compassion Guru Bimbingan dan Konseling pada Jenjang SMA Negeri Se-Dki Jakarta.
Susanti, R., Riswani, & Bakhtiar, N. (2018). Kejenuhan Di Kalangan Guru Bimbingan Dan Konseling Di Sman Provinsi Riau. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 1(2), 92. https://doi.org/10.24014/egcdj.v1i2.6142
Wibowo, M. E. (2017). Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 01(02), 63–85.

Downloads

Published

2022-01-09