Pengembangan Video Simulasi Konseling Teknik Dispute Cognitive Untuk Meningkatkan Resiliensi
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.091.03Keywords:
Dispute cognitive technique, resiliensi, video simulasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video simulasi teknik dispute cognitive untuk meningkatkan resiliensi. Metode penilitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R & D) yang dikembangkan oleh Bergman dan Moore. Pengembangan video simulasi menggunakan metode Interactive Video (IVD) yang terdiri dari enam tahap, yakni (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) produksi, (5) pengarangan, (6) validasi. Desain ini dikembangkan berdasarkan hasil analisis kebutuhan mengenai perlunya video yang menggunakan teknik dispute cognitive. Video simulasi konseling yang berisikan simulasi proses konseling mulai dari contoh kasus, tahapan dalam konseling, hingga kesimpulan. Video ini telah diuji oleh ahli materi dan media. Hasilnya, menurut ahli materi video ini mendapatkan predikat Layak dengan skor 68%. Sementara ahli media menyatakan sangat layak dengan memberikan skor 86%. Selanjutnya dilakukan validasi oleh pengguna, Mereka memberikan skor 77,6% atau layak. Kesimpulannya adalah pengembangan video simulasi dengan teknik dispute cognitive layak dan dapat digunakan oleh guru bimbingan konseling dan diharapkan dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan resiliensi.
References
Arsyad, A. (2003). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Bergman, R, E., & Moore, T. . (1990). Managing interactive video/multimedia projects. Englewood Cliffs, NJ:Educational Technology Publications.
Eliis, A. (1979). ). Rational emotive behavior therapy and its applications to emotional education. In The Albert Ellis reader: A guide towell-being using rational emotive behavior therapy (hal. 253–260). Citadel Press.
Fitriyani, Devitasari, & Nursalim, M. (2015). Penerapan RAP untuk Meningkatkan Resiliensi Peserta didik Kelas X SMK N 1 Cerme. UNS.
Grotberg, E. (1999). A Guide To Promoting Resilience In Children: Strengthening The Human Spirit. Bernard Van Leer Fondation.
Neenan, M. (2009). Developing Resilience, A Cognitive Behavioral Approach. Routledge.
O’Leary, V., & Lckovics, J. . (1995). Resilience and Thriving in Response to Challenge: An Opportunity for a Paradigm Shift in Women’s Health. Pubmed, 1(2), 121–142.
Papalia, D. . (2001). Human Development Eight Edition. McGraw-Hill Company.
Reivich, & Shatte. (2002). 7 essential Skills for Overcoming Life’s Inevitable Obstacles. In The Resilience Factor. Broadway Books.
Riyana, C. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. P3AI UPI.
Slavin, R. . (2000). Theory and Practice. In Educational Psychology (6 ed.). Allyn and Bacon.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY