Evaluasi Pelaksanaan Program Pusat Sumber Pendidikan Inklusif di DKI Jakarta

Authors

  • Indra Jaya Universitas Negeri Jakarta
  • Aip Badrujaman Universitas Negeri Jakarta
  • Anna Suhaenah Suparno Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/INSIGHT.091.04

Keywords:

Evaluasi Program, Pusat Sumber, Pendidikan Inklusif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan pencapaian implementasi program di pusat sumber daya sekolah pendidikan khusus yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta sebagai Pusat Sumber Daya Pendidikan Inklusif. Studi evaluatif ini dilakukan dengan metode mix-methode yang menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Evaluasi dilakukan dengan model Context, Input, Process, Product and Outcome (CIPPO). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Seluruh aspek dan indikator komponen konteks telah memenuhi kriteria; (2) Komponen masukan belum memenuhi kriteria; (3) Proses komponen belum memenuhi kriteria; (4) Komponen produk telah memenuhi kriteria; dan (5) Komponen hasil belum memenuhi kriteria.

References

Brinkerhoff, R. O., & et. Al. (1983). Program Evaluation; A Practutioner’s guide For Traines and Educatosr. Kluwe-Nijhoof Publishing.
Dunn, W. N. (2008). Public Policy Analysis: An Introduction. Pearson.
Kemdikbud. (2014). Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Dirje Kemdikbud 2014. Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Dirjen Kemdikbud 2014, 1–266.
Kirkpatrick, L. A. (2005). Attachment, Evolution, and the Psychology of Religion. The Guilford Press.
Mastropieri, M. A., & Scruggs, T. E. (2010). The Inclusive Classroom: Strategies for Effective Diffrentiated Instruction. New Jersey: Merril Upper Saddle River.
Okongo, R. B., Ngao, G., Rop, N. K., & Nyongesa, W. J. (2015). Effect of Availability of Teaching and Learning Resources on the Implementation of Inclusive Education in Pre-School Centers in Nyamira North Sub-County, Nyamira County, Kenya. Journal of Education and Practice, 6(35), 132–141. http://ezproxy.library.yorku.ca/login?url=http://search.proquest.com/docview/1773227117?accountid=15182
Rohmatulloh, -, & Imam Shalahuddin, M. (2016). Pengembangan Model Logika Evaluasi Program Pengembangan Sdm Responsif Gender Bidang Esdm. Jurnal Teknik Industri, 15(2), 145. https://doi.org/10.22219/jtiumm.vol15.no2.145-153
Shen, L. C. (2020). The Effeminate Boy and Queer Boyhood in Contemporary Chinese Adolescent Novels. Children’s Literature in Education, 51(1), 63–81. https://doi.org/10.1007/s10583-018-9357-7
Stufflebeam, D. L. Shinkfield, A. J. (2007). Evaluation theory, models and applications. CA: Jossey-Bass.
Stufflebeam, D. L., & Madaus, G. F. (2000). Evaluation Models : Viewpoints on Educational and Human Service Evaluation (T. Kellaghan (ed.)). Springer.

Downloads

Published

2020-06-30