Pengaruh Teknik Self-Instruction Dalam Pendekatan Cognitive Behavior Therapy untuk Meningkatkan Harga Diri Korban Perundungan
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.091.06Keywords:
teknik self-instruction, korban perundungan, harga diri, cognitive behavior therapyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik self-instruction dalam pendekatan CBT untuk meningkatkan harga diri korban perundungan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian subjek tunggal dengan desain A-B. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang siswa laki-laki kelas VII SMP yang memiliki harga diri rendah berdasarkan hasil pengukuran harga diri instrumen coopersmith self-esteem inventory. Data yang diperoleh selama penelitian kemudian dianalisis dengan cara analisis dalam kondisi pada kondisi baseline (A) dan kondisi intervensi (B) serta dilakukan analisis antar kondisi baseline (A) dengan kondisi intervensi (B). Skor pada kondisi baseline cenderung stabil dan skor pada kondisi intervensi cenderung meningkat. Rata-rata skor harga diri sebelum dilakukan intervensi adalah 66 (berada pada kategori rendah) kemudian meningkat menjadi 93 (berada pada kategori sedang) setelah diberikan intervensi. Hasil persentase overlap pada penelitian ini memperlihatkan bahwa teknik self-instruction berpengaruh pada meningkatnya harga diri konseli.
References
Beck, J. S. (2011). Cognitive Behavior Therapy: Basics and Beyond (2nd ed.). The Guilford Press.
Branden, N. (2013). What Self-Esteem Is and Is Not. Www.Nathanielbranden.Com. http://www.nathanielbranden.com/what-self-esteem-is-and-is-not
Collins-Donnelly, K. (2014). Banish Your Body Image Thief A Cognitive Behavioural Therapy Workbook on Building Positive Body Image for Young People. Jessica Kingsley.
Coloroso, B. (2007). Stop Bullying: Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah Hingga SMU. Serambi Ilmu Semesta.
Coopersmith, S. (1967). The Antecedents of Self-esteem. Freeman and Company.
Corey, G. (2009). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (8th ed.). Thomson Brooks/Cole.
Cormier, S., Nurius, P. S., & Osborn, C. J. (2009). Interviewing and change strategies for helpers: Fundamental skills and cognitive-behavioral interventions. Brooks/Cole.
Kathryn, G. (2012). Konseling Remaja: Intervensi Praktis Bagi remaja Berisiko. Pustaka Belajar.
Khoirunafik, U. (2018). Hubungan harga diri dengan penyesuaian sosial pada remaja. In eprints.ums.ac.id (Vol. 10, Issue 2). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Larasati, W. P. (2012). Meningkatkan Self-Esteem Melalui Metode Self-Instruction ( Enhancing Self-esteem through Self-instruction Method ). Universitas Indonesia.
Liow, C. J., Andriani, I., Septrina, Ayu, M., & Sulistiyawati, Nur, F. (2009). Hubungan Tindakan Bullying Di Sekolah Dengan Self Esteem Siswa. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur, &Sipil), 3, 3–7.
Novianto, R. D. (2018). Catatan KPAI Bidang Pendidikan: Kasus Bullying Paling Banyak. Nasional.Sindonews.Com. https://nasional.sindonews.com/read/1324346/15/catatan-kpai-bidang-pendidikan-kasus-bullying-paling-banyak-1532346331
Plummer, D. (2005). Helping Adolescents and Adults to Build Self-Esteem. Jessica Kingsley.
Prabowo, A. S., Chanum, D. I., & Hidayat, D. R. (2014). Pengaruh teknik biblioterapi terhadap peningkatan harga diri siswa yang orang tuanya bercerai di SMP Negeri 232 Jakarta. Insight: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 18–23. https://doi.org/10.21009/INSIGHT.031.003
Putu, L., & Lestari, S. (2014). Pelatihan Metode Self Instruction untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa SMA. Pendidikan Dan Pengajaran, 1(47), 49–57.
Rostiana, D., Wibowo, M. E., & Purwanto, E. (2018). The Implementation of Self Instruction and Thought Stopping Group Counseling Techniques to Improve Victim Bullying Self Esteem. Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), 36–40.
Sancahya, A. A. G. A., & Susilawati, L. K. P. A. (2014). Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan self-esteem pada remaja akhir di kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 1(3), 52–62.
Saniya. (2019). Dampak Perilaku Bullying Terhadap Harga Diri ( Self Esteem ) Remaja Di Pekanbaru. Jurnal Keperawatan, 3(73), 1–16.
Santrock, J. W. (2007). Remaja (T. B. Widyasinta (ed.); 11th ed.). Erlangga.
Simanjuntak, L. E., & Indrawati, E. S. (2019). Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Harga Diri pada Sisiwi Kelas XII SMA Kristen Terang Bangsa Semarang [Universitas Diponogoro]. http://eprints.undip.ac.id/74242/
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Tirsae, O. V. (2016). Pengaruh Harga Diri Terhadap Kecemasan Sosial Pada Remaja Korban Bullying Di Palangkaraya , [Universitas Sanata Dharma]. https://doi.org/10.1152/ajpcell.00408.2012
Whiston, S. C. (2009). Principles and Applications of Assessment in Counseling (2nd ed., Vol. 39, Issue 3). Brooks/Cole. https://doi.org/10.1080/07481756.2006.11909797
WHO. (2018). Orientation programme on adolescent health for health care providers. Departement of Child and Adolescent Health and Development (CAH) World Health Organization.
Wiyani, Ardy, N. (2017). Save Our Children From School Bullying. Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY