Pengaruh Teknik Self-Instruction Dalam Pendekatan Cognitive Behavior Therapy untuk Meningkatkan Harga Diri Korban Perundungan

Authors

  • Rahmah Salsabila Universitas Negeri Jakarta
  • Hilma Fitriyani Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/INSIGHT.091.06

Keywords:

teknik self-instruction, korban perundungan, harga diri, cognitive behavior therapy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik self-instruction dalam pendekatan CBT untuk meningkatkan harga diri korban perundungan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian subjek tunggal dengan desain A-B. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang siswa laki-laki kelas VII SMP yang memiliki harga diri rendah berdasarkan hasil pengukuran harga diri instrumen coopersmith self-esteem inventory. Data yang diperoleh selama penelitian kemudian dianalisis dengan cara analisis dalam kondisi pada kondisi baseline (A) dan kondisi intervensi (B) serta dilakukan analisis antar kondisi baseline (A) dengan kondisi intervensi (B). Skor pada kondisi baseline cenderung stabil dan skor pada kondisi intervensi cenderung meningkat. Rata-rata skor harga diri sebelum dilakukan intervensi adalah 66 (berada pada kategori rendah) kemudian meningkat menjadi 93 (berada pada kategori sedang) setelah diberikan intervensi. Hasil persentase overlap pada penelitian ini memperlihatkan bahwa teknik self-instruction berpengaruh pada meningkatnya harga diri konseli.

References

Azam, U. (2016). Bimbingan dan Konseling Perkembangan di Sekolah Teori dan Praktik. Deepublish.
Beck, J. S. (2011). Cognitive Behavior Therapy: Basics and Beyond (2nd ed.). The Guilford Press.
Branden, N. (2013). What Self-Esteem Is and Is Not. Www.Nathanielbranden.Com. http://www.nathanielbranden.com/what-self-esteem-is-and-is-not
Collins-Donnelly, K. (2014). Banish Your Body Image Thief A Cognitive Behavioural Therapy Workbook on Building Positive Body Image for Young People. Jessica Kingsley.
Coloroso, B. (2007). Stop Bullying: Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah Hingga SMU. Serambi Ilmu Semesta.
Coopersmith, S. (1967). The Antecedents of Self-esteem. Freeman and Company.
Corey, G. (2009). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (8th ed.). Thomson Brooks/Cole.
Cormier, S., Nurius, P. S., & Osborn, C. J. (2009). Interviewing and change strategies for helpers: Fundamental skills and cognitive-behavioral interventions. Brooks/Cole.
Kathryn, G. (2012). Konseling Remaja: Intervensi Praktis Bagi remaja Berisiko. Pustaka Belajar.
Khoirunafik, U. (2018). Hubungan harga diri dengan penyesuaian sosial pada remaja. In eprints.ums.ac.id (Vol. 10, Issue 2). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Larasati, W. P. (2012). Meningkatkan Self-Esteem Melalui Metode Self-Instruction ( Enhancing Self-esteem through Self-instruction Method ). Universitas Indonesia.
Liow, C. J., Andriani, I., Septrina, Ayu, M., & Sulistiyawati, Nur, F. (2009). Hubungan Tindakan Bullying Di Sekolah Dengan Self Esteem Siswa. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur, &Sipil), 3, 3–7.
Novianto, R. D. (2018). Catatan KPAI Bidang Pendidikan: Kasus Bullying Paling Banyak. Nasional.Sindonews.Com. https://nasional.sindonews.com/read/1324346/15/catatan-kpai-bidang-pendidikan-kasus-bullying-paling-banyak-1532346331
Plummer, D. (2005). Helping Adolescents and Adults to Build Self-Esteem. Jessica Kingsley.
Prabowo, A. S., Chanum, D. I., & Hidayat, D. R. (2014). Pengaruh teknik biblioterapi terhadap peningkatan harga diri siswa yang orang tuanya bercerai di SMP Negeri 232 Jakarta. Insight: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 18–23. https://doi.org/10.21009/INSIGHT.031.003
Putu, L., & Lestari, S. (2014). Pelatihan Metode Self Instruction untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa SMA. Pendidikan Dan Pengajaran, 1(47), 49–57.
Rostiana, D., Wibowo, M. E., & Purwanto, E. (2018). The Implementation of Self Instruction and Thought Stopping Group Counseling Techniques to Improve Victim Bullying Self Esteem. Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), 36–40.
Sancahya, A. A. G. A., & Susilawati, L. K. P. A. (2014). Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan self-esteem pada remaja akhir di kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 1(3), 52–62.
Saniya. (2019). Dampak Perilaku Bullying Terhadap Harga Diri ( Self Esteem ) Remaja Di Pekanbaru. Jurnal Keperawatan, 3(73), 1–16.
Santrock, J. W. (2007). Remaja (T. B. Widyasinta (ed.); 11th ed.). Erlangga.
Simanjuntak, L. E., & Indrawati, E. S. (2019). Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Harga Diri pada Sisiwi Kelas XII SMA Kristen Terang Bangsa Semarang [Universitas Diponogoro]. http://eprints.undip.ac.id/74242/
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Tirsae, O. V. (2016). Pengaruh Harga Diri Terhadap Kecemasan Sosial Pada Remaja Korban Bullying Di Palangkaraya , [Universitas Sanata Dharma]. https://doi.org/10.1152/ajpcell.00408.2012
Whiston, S. C. (2009). Principles and Applications of Assessment in Counseling (2nd ed., Vol. 39, Issue 3). Brooks/Cole. https://doi.org/10.1080/07481756.2006.11909797
WHO. (2018). Orientation programme on adolescent health for health care providers. Departement of Child and Adolescent Health and Development (CAH) World Health Organization.
Wiyani, Ardy, N. (2017). Save Our Children From School Bullying. Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2020-06-30