PENGARUH METODE CIRC MELALUI LAYANAN KELOMPOK PSIKOEDUKASI TERHADAP PEMAHAMAN KETERAMPILAN MENENTUKAN IDE UTAMA PADA MAHASISWA MANAJEMEN PENDIDIKAN 2014

Authors

  • Nina Nurhasanah
  • Awaluddin Tjalla
  • Gantina Komalasari

DOI:

https://doi.org/10.21009/INSIGHT.041.12

Keywords:

Metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition), layanan kelompok psikoedukasi, Keterampilan Menentukan Ide Utama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode CIRC melalui layanan kelompok psikoedukasi terhadap pemahaman keterampilan menentukan ide utama mahasiswa Manajemen Pendidikan 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pretest-posttest nonequivalent group design. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling Purposive. Sampel berjumlah dua puluh orang berdasarkan hasil pretest keterampilan menentukan ide utama yang kategori rendah. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen keterampilan menentukan ide utama yang bersifat pilihan ganda dengan validitas menggunakan rumus Korelasi Point Biserial yang menghasilkan 68 item valid dan 27 item drop. Reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus Kuder Richardson number 20 dengan nilai 0,867 menunjukkan reliabilitas tinggi yang artinya instrumen akan terus mendapatkan hasil yang sama bila digunakan lagi di kesempatan lain. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji Wilcoxon Match Pair Test. Hasil uji hipotesis menyatakan bahwa Ho ditolak dengan nilai asymp. Sig sebesar 0,005 < taraf signifikansi 0,05 (2-tailed), yang berarti terdapat pengaruh metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) melalui layanan kelompok psikoedukasi terhadap pemahaman keterampilan menentukan ide utama pada mahasiswa Manajemen Pendidikan 2014.

Published

2016-12-31