HUBUNGAN PEMAHAMAN NAPZA DENGAN SIKAP TERHADAP PENYALAHGUNAAN NAPZA ( Studi Korelasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Johar Baru )
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.041.13Keywords:
NAPZA, Pemahaman, SikapAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada atau tidaknya hubungan antara pemahaman tentang NAPZA dengan sikap penolakan penyalahgunaan NAPZA pada siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Johar Baru. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan jenis kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di 4 SMP Negeri Kecamatan Johar baru,Jakarta Pusat, dengan sampel 140 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan sampling acak sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes untuk mengukur variabel pemahaman tentang NAPZA dan menggunakan instrumen untuk mengukur variabel sikap penolakan penyalahgunaan NAPZA. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment pearson, uji koefisien korelasi dan dilanjutkan dengan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa rhitung = 0,472dengan taraf signifikansi 0,05, maka diperoleh r tabel = 0,176 ternyata r hitung> r tabel, jadi semua hipotesis nol ditolak. Dengan demikian hipotesis alternatif diterima. Artinya terdapat hubungan positif antara pemahaman tentang NAPZA dengan sikap penolakan penyalahgunaan NAPZA pada siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Johar Baru,Jakarta Pusat. Selanjutnya dilakukan uji-t dengan taraf signifikansi 5% (dk=n-2) dan diperoleh t hitung = 3,14 > t tabel = 1,65 Hal ini menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara pemahaman tentang NAPZA dengan sikap penolakan penyalahgunaan NAPZA pada siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat. Implikasi dari hasil penelitian ini ditujukan kepada guru BK untuk dapat memberikan informasi mengenai NAPZA sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan NAPZA berupa pemberian materi bimbingan klasikal dan pengadaan layanan bimbingan kelompok.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY