REGULASI DIRI MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PROSES PENYUSUNAN SKRIPSI (Survey Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2008-2010 yang Bekerja)
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.032.02Keywords:
Regulasi diri, bekerja, skripsi, mahasiswa Bimbingan dan KonselingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai regulasi diri mahasiswa Bimbingan dan Konseling angkatan 2008-2010 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta yang bekerja pada saat penyusunan skripsi. Populasi penelitian berjumlah 60 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purpossive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif jenis survey. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini merupakan adaptasi alat ukur Self Regulation Questionnaire (SRQ) yang dibuat oleh Miller & Brown, berisi 63 butir pernyataan dari tujuh indikator regulasi diri dan telah divalidasi oleh ahli. Hasil reliabilitas dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach diperoleh hasil sebesar 0,89. Teknik analisa data yang digunakan yaitu statistik deskriptif yang dijabarkan melalui kategorisasi. Berdasarkan hasil analisa data responden secara keseluruhan, yaitu: kategori rendah terdapat 10 mahasiswa (17%) artinya, memiliki regulasi diri rendah dalam beraktivitas termasuk bekerja dan menyusun skripsi, kategori sedang terdapat 44 mahasiswa (73%) artinya, memiliki regulasi diri cukup dalam beraktivitas termasuk bekerja dan menyusun skripsi, dan kategori tinggi terdapat 6 mahasiswa (10%) artinya, memiliki regulasi diri tinggi dalam beraktivitas termasuk bekerja dan menyusun skripsi. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa Bimbingan dan Konseling angkatan 2008-2010 memiliki regulasi diri sedang antara bekerja dan menyusun skripsi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY