REGULASI DIRI MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PROSES PENYUSUNAN SKRIPSI (Survey Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2008-2010 yang Bekerja)

Authors

  • Arip Nazarudin
  • Indira Chanum
  • Happy Karlina Marjo

DOI:

https://doi.org/10.21009/INSIGHT.032.02

Keywords:

Regulasi diri, bekerja, skripsi, mahasiswa Bimbingan dan Konseling

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai regulasi diri mahasiswa Bimbingan dan Konseling angkatan 2008-2010 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta yang bekerja pada saat penyusunan skripsi. Populasi penelitian berjumlah 60 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purpossive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif jenis survey. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini merupakan adaptasi alat ukur Self Regulation Questionnaire (SRQ) yang dibuat oleh Miller & Brown, berisi 63 butir pernyataan dari tujuh indikator regulasi diri dan telah divalidasi oleh ahli. Hasil reliabilitas dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach diperoleh hasil sebesar 0,89. Teknik analisa data yang digunakan yaitu statistik deskriptif yang dijabarkan melalui kategorisasi. Berdasarkan hasil analisa data responden secara keseluruhan, yaitu: kategori rendah terdapat 10 mahasiswa (17%) artinya, memiliki regulasi diri rendah dalam beraktivitas termasuk bekerja dan menyusun skripsi, kategori sedang terdapat 44 mahasiswa (73%) artinya, memiliki regulasi diri cukup dalam beraktivitas termasuk bekerja dan menyusun skripsi, dan kategori tinggi terdapat 6 mahasiswa (10%) artinya, memiliki regulasi diri tinggi dalam beraktivitas termasuk bekerja dan menyusun skripsi. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa Bimbingan dan Konseling angkatan 2008-2010 memiliki regulasi diri sedang antara bekerja dan menyusun skripsi.

Published

2014-12-31