HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KEMATANGAN KARIR SISWA KELAS XI SMKN 8 JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.032.06Keywords:
Efikasi diri, kematangan karirAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran empiris mengenai hubungan efikasi diri dengan kematangan karir siswa kelas XI di SMK Negeri 8 Jakarta, dengan populasi sebanyak 316 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Peneliti menggunakan 65 siswa sebagai sampel penelitian atau 20% dari jumlah populasi (316 siswa). Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa kuesioner tentang efikasi diri dan CMI (Career Maturity Inventory milik Crites). Setelah dilakukan uji coba didapatkan hasil 28 item valid dengan nilai reliabilitas 0.896 untuk variabel efikasi diri dan 114 untuk CMI dengan nilai reliabilitas 0.82. Berdasarkan pengujian hipotesis antara efikasi diri dan kematangan karir variabel didapatkan koefisien korelasi sebesar 0.179 dengan (Ha : Ï â‰ 0), artinya terdapat hubungan yang positif antara efikasi diri dengan kematang an karir siswa. Semakin tinggi tingkat efikasi diri siswa maka semakin tinggi juga kematangan karir siswa, begitu pula sebaliknya, semakin rendah tingkat efikasi diri siswa maka semain rendah kematangan karir siswa. Selain itu didapatkan efikasi diri mempengaruhi kematangan karir sebesar 3.2% dan 96.8% dipengaruhi oleh faktor lain yaitu kualitas pengalaman pendidikan yang telah dilalui, dukungan keuangan yang tersedia mengikuti pelatihan tertentu dan potensi Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan bagi pihak sekolah khususnya bagi guru BK untuk memahami apa itu efikasi diri serta dapat dijadikan bahan acuan penyusunan program layanan BK agar para siswa dapat memahami efikasi diri dan memiliki kesadaran untuk meningkatkan efikasi diri untuk mencapai kematangan karir yang lebih baik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY