DAMPAK DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIS SISWA XI ADMINISTRASI PERKANTORAN (Studi Kasus di SMK Tunas Harapan)

Authors

  • Leniawati Leniawati
  • Moch Dimyati
  • Happy Karlina Marjo

DOI:

https://doi.org/10.21009/INSIGHT.032.13

Keywords:

Prokrastinasi Akademis, Dukungan Sosial Orang Tua

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap berbagai fakta tentang dampak dukungan sosial orang tua terhadap prokrastinasi akademik yang dilakukan oleh siswa SMK Tunas Harapan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang bermaksud untuk memperoleh pemahaman yang utuh dan menyeluruh mengenai Dampak Dukungan Sosial Orangtua Terhadap Prokrastinasi siswa SMK Tunas Harapan khususnya kelas XI. Adapun responden yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa SMK Tunas Harapan kelas XI AP (Administrasi Perkantoran) yang beinisial FR dan DA. FR dan DA adalah sebagian siswa yang melakukan prokrastinasi yang tinggi dan belum mendapatkan dukungan sosial orang tua secara maksimal dan tepat. Berdasarkan hasil penelitian diketahui FR mendapatkan aspek reassurance of worth (penghargaan atau pengakuan) dan opportunity for naturance (kemungkinan dibantu) namun karena kurangnya aspek yang lain seperti guidance (bimbingan) sehingga FR kurang kontrol dalam perilakunya sehari-hari dan menyebabkan FR tetap memiliki prokrastinasi yang tinggi. Pada subyek DA hanya mendapatkan dukungan sosial guidance (bimbingan) namun karena latar belakang orang tua DA yang hanya tamatan SD sehingga bimbingan yang diberikan tidak maksimal dan aspek lain sebagai penunjang untuk memotivasi DA belum diberikan sehingga DA tetap mengalami prokrastinasi Akademis.

Published

2014-12-31