SIKAP MAHASISWA TINGKAT AKHIR SELAMA MENJALANI PERKULIAHAN DI JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.032.16Keywords:
Bimbingan dan Konseling, sikap, mahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap mahasiswa tingkat akhir selama menjalani perkuliahan di jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Jakarta. Subjek pada penelitian ini adalah 2 orang mahasiswa kelas Reguler 2007 dan Non Reguler 2008. Responden diambil berdasarkan hasil studi pendahuluan dan observasi secara insidental untuk mengetahui sikap mahasiswa tingkat akhir selama menjalani perkuliahan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Wawancara yang dilakukan secara terstruktur terhadap subjek atau kasus, teman sebaya, dosen yang mengenal subjek, dengan mengacu pada teori sikap oleh Mar’at. Data hasil penelitian dianalisis dengan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, penyajian data menggunakan narasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data. Hasil penelitian keseluruhan menunjukan subjek pertama awalnya memilih jurusan Bimbingan dan Konseling karena merasa kesulitan serta terancam dropout dari jurusan sebelumnya yaitu Bahasa Perancis. Sedangkan subjek kedua memilih jurusan Bimbingan dan Konseling awalnya karena tertarik menjadi guru, namun mengalami penurunan minat sejak subjek merasa pelayanan, perkuliahan dan sistem penilaian di Jurusan BK kurang memuaskan, yang berakibat nilai mata kuliah yang subjek peroleh pun kurang memuaskan. Untuk beberapa mata kuliah, subjek terpaksa harus mengulang sehingga subjek tidak bersemangat kuliah di BK. Saat mengikuti program pengalaman lapangan (PPL), subjek melihat guru pamong tidak memiliki gambaran sikap dan kepribadian yang ideal sebagai guru Bimbingan dan Konseling. Hal ini semakin menurunkan keyakinan subjek untuk menjadi guru Bimbingan dan Konseling, dan ingin berkarier di luar Bimbingan dan Konseling. Implikasi penelitian ini adalah 2 orang mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling yang bermasalah, kurang mampu mengatasi permasalahan selama perkuliahan, serta kurang memiliki gambaran sikap yang baik selama perkuliahan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY