UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS BIMBINGAN KLASIKAL MELALUI BAHAN AJAR BERBASIS KOMPUTER PADA KELAS XI TPA DI SMK N 1 PURWOREJO (Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling)

Authors

  • Endang Isnaeni
  • Suhas Caryono

DOI:

https://doi.org/10.21009/INSIGHT.031.07

Keywords:

kualitas bimbingan klasikal, bahan ajar berbasis komputer

Abstract

Layanan bimbingan klasikal membutuhkan pendekatan yang dapat mengaktifkan siswa dalam penyampaian materi layanan. Disamping pelaksanaan proses pembelajaran (penyampaian materi layanan) dalam suasana komunikasi dua arah, diharapkan siswa juga dapat melakukannya dalam suasana komunikasi multi arah. Media berbasis komputer dalam pengembangan media pembelajaran yang di gunakan dalam bimbingan dan konseling sering kali disebut dengan multimedia bimbingan klasikal karena kemampuan media komputer dalam menyampaikan pesan melalui media visual, media audio, text baik berupa rekaman atau berupa media siaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kualitas bimbingan klasikal melalui bahan ajar berbasis computer pada kelas XI TPA di SMK Negeri 1 Purworejo. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, setelah dievaluasi dan dianalisis dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis komputer dapat meningkatkan kualitas layanan bimbingan klasikal pada siswa kelas XI TPA SMK Negeri 1 Purworejo. Hal ini terlihat dari tingkat keberhasilan setiap aspek kualitas proses dan hasil layanan bimbingan klasikal yang mengalami peningkatan pada siklus 2 dan telah memenuhi bahkan melebihi masing-masing target yang diharapkan. Keberanian siswa dalam bertanya dan mengemukakan pendapat pada siklus 1 sebesar 66,67% meningkat menjadi 76,67% pada siklus 2.

Published

2017-06-07