HUBUNGAN ANTARA EMOTIONAL LITERACY DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS VIII SMP MALIDAR BEKASI

Authors

  • Edriani Yuono
  • Indira Chanum
  • Karsih Karsih

DOI:

https://doi.org/10.21009/INSIGHT.031.08

Keywords:

emotional literacy, kecenderungan perilaku bullying, siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara emotional literacy dengan kecenderungan perilaku bullying pada siswa kelas VIII SMP Malidar Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional bersifat deskriptif dengan sampel penelitian berjumlah 46 orang. Pengumpulan data menggunakan angket dalam bentuk skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan, tingkat emotional literacy siswa pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 13%, selanjutnya kategori sedang sebesar 78%, dan kategori rendah sebesar 9%. Sedangkan kecenderungan perilaku bullying yang berada pada kategori tinggi meraih persentase sebesar 13%, lalu pada kategori sedang sebesar 67%, dan kategori rendah sebesar 20%. Hasil uji hipotesis sebesar 0.452 dengan nilai r tabel sebesar 0.297. Maka hal ini menunjukkan terdapat hubungan yang negatif antara emotional literacy dengan kecenderungan perilaku bullying pada siswa kelas VIII SMP Malidar Bekasi karena rhitung lebih besar dari nilai rtabel.

Published

2017-06-07