PENGARUH PENDEKATAN TIDWELL DAN BACHUS DALAM LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP AGRESIVITAS PESERTA DIDIK KELAS VIII PAGI SMPN 9 TAMBUN
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.031.11Keywords:
Pendekatan Tidwell dan Bachus, layanan konseling kelompok, agresivitasAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pada penerapan pendekatan Tidwell dan Bachus dalam layanan konseling kelompok terhadap agresivitas peserta didik di kelas VIII Pagi SMP Negeri 9 Tambun. Peneltian ini dilakukan di kelas VIII Pagi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 9 Tambun pada semester I tahun ajaran 2013-2014. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen dengan menggunakan One-Group Pretest Posttest Design yaitu eksperimen yang dilaksanakan dengan menggunakan satu kelompok penelitian dengan melihat hasil pretest dan postetst. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 6 orang peserta didik di kelas VIII Pagi SMP Negeri 9 Tambun yang mendapatkan skor tertinggi berdasarkan sebaran instrumen perilaku agresif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen perilaku agresif berdasarkan teori dari Leonard Berkowitz (Berkowitz, 1995) yang dikembangkan oleh peneliti. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik Wilcoxon Match Pair Test. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Nilai Signifikan α= 0.05 > Nilai asymp. Sig= 0.028, artinya terdapat pengaruh positif signifikan pada penerapan pendekatan Tidwell dan Bachus dalam layanan konseling kelompok terhadap agresivitas peserta didik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY