Hubungan antara Resiliensi dan Dukungan Sosial dengan Stress Akademik Mahasiswa Baru di Jakarta pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Rinda Ramadanti Universitas Negeri Jakarta
  • Herdi Herdi Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/INSIGHT.102.07

Keywords:

Resiliensi, Dukungan Sosial, Stress Akademik, Mahasiswa, Pandemi Covid-19

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara resiliensi dan dukungan sosial dengan stress akademik mahasiswa baru di Jakarta pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasi. Sampel penelitian berjumlah 470 mahasiswa baru di Universitas Negeri Jakarta yang ditentukan dengan teknik insidental. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner the Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC), Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MPSS), dan Student Stress Inventory (SSI). Data dianalisis menggunakan uji korelasi berganda. Penelitian ini menghasilkan bahwa terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara resilliensi dan dukungan sosial dengan stress akademik pada mahasiswa baru UNJ dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar -0.309 serta didapatkan nilai Sig. F Change sejumlah 0,000 < 0,05 yang berarti berkorelasi dan signifikan. Artinya, resiliensi dan dukungan sosial terbukti sebagai faktor yang mempengaruhi stress akademik. Hasil penelitian dapat memberikan informasi mengenai kondisi psikologis terkait resiliensi, dukungan sosial, serta stress akademik pada mahasiswa baru dan dijadikan sebagai bahan acuan untuk memberikan layanan psikologis bagi mahasiswa baru UNJ.

References

Agolla, J. E., & Ongori, H. (2009). An assessment of academic stress amon undergraduate student: The case of University of Botswana. Academic Journals, 63–70.
Andiarna, F., & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 16(2), 139–149.
Andriani, T. R., & Kuncoro, J. (2020). Hubungan antara Konsep Diri dan Penyesuaian Diri dengan Resiliensi Mahasiswa dalam Menghadapi Banjir dan Rob di UNISSULA. Sultan Agung Fundamental Research Journal, 1(1), 69–76.
Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring saat Pandemi Covid-19 terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 99–108.
Arip, M., A, K., A, R., Ahmad, & Rahman, A. (2015). Development, Validity, and Reliability of Student Stress Inventory. Medwell Journals, 10(7), 1631–1638.
Aza, I. N., Atmoko, A., & Hitipeuw, I. (2019). Kontribusi dukungan sosial, self-esteem, dan resiliensi terhadap stres akademik siswa SMA. Jurnal Pendidikan, 4(4), 491–498.
Barsheli, M., Ifdil, & Nikmarijal. (2017). Konsep stres akademik siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143–148.
Bukhori, B., Hassan, Z., Hadjar, I., & Hidayah, R. (2017). The effect of spirituality and social support from the family toward final semester university students resilience. Man in India, 97(19), 313–321.
Connor, K. M., & Davidson, J. R. T. (2003). Development of a new Resilience scale: The Connor-Davidson Resilience scale (CD-RISC). Depression and Anxiety, 18(2), 76–82. https://doi.org/10.1002/da.10113
Fairbrother, K., & Warn, J. (2003). Workplace dimensions, stress, and job satisfaction. Journal of Managerial Psychology.
Faqih, M. F. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Stress Akademik Mahasiswa Malang yang Bekerja. Jurnal Psikologi.
Fasa, Z. M. (2019). Resiliensi Keluarga Korban Bencana Longsor di Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Jurnal Mimbar Kesejahteraan Sosial, 2, 1–11.
Gadzella, B. M., Baloglu, M., Masten, W. G., & Wang, Q. (2012). Evaluation of the Student Life-stress Inventory-Revised. Journal of Instructional Psychology, 39(2), 82–91.
Gadzella, B. M., & Masten, W. G. (2005). An analysis of the categories in the student-life stress inventory. American Journal of Psychological Research, 1(1), 1–10.
Govaerts, S., & Gregoire, J. (2004). Stressfull academic situations : study on appraisil variables in adolesence. British Journal of Clinical Psycology, 54, 261–271.
Grotberg, E. H. (2004). Children and caregivers: the role of resilience. International Council of Psychologists (ICP), 1–19.
Harahap, A. C. P., Harahap, D. P., & Harahap, S. R. (2020). Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 10–14.
Heppner, P. P., Kivlighan, D. M., & Wampold, B. E. (2008). Research design in counseling. Brooks Cole.
Karaman, M. A., Lerma, E., Vela, J. C., & Watson, J. C. (2019). Predictors of Academic Stress among College Students. Journal of College Counseling, 22, 41–55.
Kirana, A., & Juliartiko, W. (2021). Self-regulated learning dan stres akademik saat pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 pada mahasiswa universitas X di Jakarta Barat. Jurnal Psikologi, 14(1), 52–61.
Lubis, H., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres akademik mahasiswa dalam melaksanakan kuliah daring selama masa Pandemi Covid 19. Jurnal Psikologi, 10(1), 31–39.
Marni, A., & Yuniawati, R. (2015). Hubungan antara dukungan sosial dengan penerimaan diri pada lansia di panti wredha budhi dharma yogyakarta. EMPATHY, Jurnal Fakultas Psikologi, 3(1), 1–7.
Merry, & Mamahit, H. C. (2020). Stres akademik mahasiswa aktif angkatan 2028 dan 2019 universitas swasta di DKI Jakarta. Jurnal Konseling Indonesia, 6(1), 6–13.
Missasi, V., & Izzati, I. D. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruh resiliensi. Prosiding Seminar Nasional Para Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 433–441.
Nirwana, Wardani, D. A., Abiyoga, A., & Novial, L. D. (2019). Hubungan antara Tingkat Stres dengan Efikasi Diri Mahasiswa Semester Akhir S1 Keperawatan Reguler Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Wiyata Husada. Jurnal Medika Karya Ilmiah Kesehatan, 4(2).
Nurjannah, S., & Rohmatun. (2018). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Resiliensi pada Penyintas Banjir Rob Tambak Lorok. Proyeksi, 13(1), 1–12.
Oktavia, W. K., Fitroh, R., Wulandari, H., & Fitri, F. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik. Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 142–149.
Oon, A. N. L. (2007). Handling study stress. Alex Media Komputindo.
Pajarianto, H., Kadir, A., Galugu, N., Sari, P., & Februanti, S. (2020). Study from home in the middle of the covid-19 pandemic: analysis of religiosity, teacher, and parents support against academic stress. Talent Development & Excellence, 12(2), 1791–1807.
Reivich, K., & Shatte, A. (2003). The Resilience Factor: 7 Keys to Finding Your Inner Strength and Overcoming Life’s Hurdles. Three Rivers Press.
Renk, K., & Smith, T. (2007). Predictors of Academic-Related Stress in College Students: An Examination of Coping, Social Support, Parenting, and Anxiety. Naspa Journal, 44(3), 405–431.
Safiany, A., & Maryatmi, A. S. (2018). Hubungan Self-Efficacy dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Stress Akademik pada Siswa-Siswi Kelas XI di SMA Negeri 4 Jakarta Pusat. IKRAITH-Humanira, 2(3), 87–95.
Salsabila, R., Karmiyati, D., & Hijrianti, U. R. (2019). Hubungan antara forgiveness dengan resiliensi pada penyintas pasca konflik di aceh. Cognicia, 7(1), 62–76.
Santoso, M. D. Y. (2020). Review Article: Dukungan Sosial dalam Situasi Pandemi Covid-19. Jurnal Litbang Sukowati, 5(1), 11–26.
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health psychology : biopsychosocial interactions (Seventh). John Wiley & Sons, Inc.
Septiani, T., & Fitria, N. (2016). Hubungan antara resiliensi dengan stress pada mahasiswa sekolah tinggi kedinasan. Jurnal Penelitian Psikologi, 7(2), 59–76.
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), Edisi Khusus No.1, 73–80.
Sibua, R. U. R., & Silaen, S. M. J. (2020). Dukungan sosial dan kecerdasan emosional (emotional quotient) dengan stres di tengah pandemi covid-19 pada masyarakat cempaka putih barat, jakarta pusat. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(3), 187–193.
Stanley, I. H., Hom, M. A., Chu, C., Dougherty, S. P., Gallyer, A. J., Spencer-Thomas, S., & Joiner, T. E. (2019). Perceptions of belongingness and social support attenuate ptsd symptom severity among firefighters: a multistudy investigation. Psychological Services, 16(4), 543.
Sulistiana. (2018). Upaya meningkatkan resiliensi siswa kelas xii mipa-2 dalam menentukan studi lanjut melalui layanan klasikal berbasis video di sma negeri kebomas. Proceeding National Conference Psikologi UMG, 168–182.
Suwartika, I., Nurdin, A., & Ruhmadi, E. (2014). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Stress Akademik Mahasiswa Reguler Program Studi D III Keperawatan Cirebon POLTEKKES KEMENKES Tasikmalaya. Jurnal Keperawatan Soedirman, 9(3), 173–189.
Synder, C. R., Lopez, S. J., & Pedrotti, J. T. (2011). Positive psychology : the scientific and praktical explorations of human strengths. SAGE.
Widyawati, R. P. (2017). Hubungan antara resiliensi dengan stres pada mahasiswa fakultas psikologi universitas muhammadiyah surakarta. Jurnal Psikologi, 1–11.
Wilks, S. E. (2008). Resilience amid Academic Stress: The Moderating Impact of Social Support among Social Work Students. ADV NCES IN SOCIAL WORK, 9(2), 106–125.
World Health Organization. (2020). Mental health and psychosocial consideration during the COVID-19 outbreak.
Yamali, F. R., & Putri, R. N. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia. Ekonomis : Journal of Economics and Business, 4(2), 384–388.
Ye, Z., Yang, X., Zeng, C., Wang, Y., Shen, Z., Li, X., & Lin, D. (2020). Resilience, social support, and coping as mediators between covid-19 related stressful experiences and acute stress disorder among college students in china. Applied Psychology; Health and Well-Being, 12(4), 1074–1094.
Zhu, X., Haegele, J. A., Liu, H., & Yu, F. (2021). Academic stress, physical activity, sleep, and mental health among chinese adolescents. International Journal Environmental Research and Public Health, 18(14), 7257.
Zimet, G. D., Dahlem, N. W., Zimet, S. G., & Farley, G. K. (1988). The multidimensional scale of perceived social support. Journal of Personality Assessment, 52(1), 30–41.

Downloads

Published

2022-02-23