PENGARUH KUALITAS LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP KEPUASAN SISWA

Authors

  • Kriswinharsell Surya Sangkakala
  • Retty Filiani
  • Awaluddin Tjalla

DOI:

https://doi.org/10.21009/INSIGHT.031.13

Keywords:

Kualitas Layanan (SERVQUAL), Kepuasan siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kualitas layanan Bimbingan dan Konseling terhadap kepuasan siswa dalam memanfaatkan layanan Bimbingan dan Konseling pada siswa SMAN 53 Jakarta. Peneliti mengutip teori manajemen SERVQUAL (service quality) oleh Parasuraman dkk dalam bukunya Delivering Quality Service dan teori kepuasan oleh Kohtler dalam buku Marketing Management. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 53 Jakarta yang terdiri dari 7 kelas berjumlah 265 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan proporsional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional yang bersifat kausal dan analisis menggunakan analisis regresi sederhana. Instrumen yang digunakan adalah instrumen skala kualitas layanan dan kepuasan siswa. Berdasarkan hasil penelitian, kualitas layanan tergolong pada kategori sedang 73 %. Hasil korelasi sebesar 0,121 dengan taraf signifikansi adalah 0,239 dengan α = 0,05 (p value ≥ α). Agar Ha diterima syaratnya adalah p value ≤ α. Hal ini berarti korelasi tidak signifikan paa taraf 5 %. Koefisien determinasinya hanya 1,5%, artinya 98,5% kepuasan siswa dipengaruhi oleh faktor selain kualitas layanan Bimbingan dan Konseling. Kepuasan siswa tidak hanya dipengaruh oleh kualitas layanan tetapi juga oleh faktor lain yang diungkapkan oleh Mulyono seperti citra diri guru BK, prestasi guru BK, dan aturan yang berlaku di sekolah tersebut. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan oleh guru BK untuk mempertimbangkan beberapa faktor selain kualitas layanan yang dapat memberi kepuasan bagi siswa.

Published

2017-06-07