KOMPETENSI PEMAHAMAN KONSELOR TERHADAP PANDANGAN HIDUP KONSELI YANG BERBEDA BUDAYA
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.031.21Keywords:
Konseling Multikultural, kompetensi konselor multikultural,, pandangan hidupAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data empirik mengenai pemahaman guru BK terhadap pandangan hidup konseli yang berbeda budaya di SMP Negeri se-Kecamatan Pasar Rebo. Penelitian dilaksanakan di seluruh SMP Negeri se-Jakarta Timur pada bulan Maret 2013 – Januari 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan jenis survei. Penelitian ini hanya mengukur persepsi guru BK terhadap kompetensi pemahaman pada pandangan hidup guru BK yang berbeda budaya tidak mengukur kinerjanya. Populasi penelitian ini adalah guru BK SMP Negeri se-Kecamatan Pasar Rebo yang terdiri dari 9 sekolah dan 31 guru BK. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik ini digunakan karena semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Hasil uji validitas 18 butir situasional dengan kriteria r-tabel yang digunakan 0,3 menghasilkan 15 butir situasional valid dan 3 butir situasional drop. Uji reliabilitas de-ngan rumus Alpha Cronbach didapatkan hasil 0,757 yang berarti bahwa instrumen memiliki tingkat reliabilitas tinggi. Hasil penelitian diperoleh informasi bahwa guru BK SMP Negeri di Kecamatan Pasar Rebo memiliki pemahaman terhadap pandangan hidup konseli yang berbeda budaya pada tingkat kompeten (6,45%), cukup kompeten (80,65%) dan tidak kompeten (12,90%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru BK di SMP Negeri se-Kecamatan Pasar Rebo memiliki pemahaman pada pandangan hidup konseli yang berbeda budaya pada tingkat cukup kompeten.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY