PENGARUH TEKNIK KATARSIS TERHADAP PENURUNAN INTENSITAS PERILAKU AGRESI SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 15 BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.031.24Keywords:
Katarsis, penurunan intensitas perilaku agresi siswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik katarsis terhadap penurunan intensitas perilaku agresi siswa kelas IX di SMP Negeri 15 Bogor. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 15 Bogor pada bulan September- November 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-eksperimen Design dengan desain eksperimen one-group pretest-posttest design. One-group pretest-posttest design yaitu eksperimen yang dilaksanakan dengan menggunakan satu kelompok penelitian dengan melihat hasil pre dan post-test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX. Jumlah populasi sebesar 245 siswa dan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 8 siswa. Pengukuran penurunan intensitas perilaku agresi siswa sebelum dan sesudah pemberian treatment katarsis dilakukan dengan pemberian instrumen perilaku agresi. Instrumen ini berbentuk kuesioner tertutup dengan model skala Likert. Uji coba instrumen dilakukan terhadap 68 rersponden untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen. Hasil perhitungan validitas menyatakan 60 butir item valid. Sementara itu, hasil perhitungan reliabilitas yang diperoleh berdasarkan perhitungan rumus alpha (α) sebesar 0.954. Teknik analisa data yang digunakan adalah Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa diperoleh nilai asymp. Sig = 0,012 < nilai Signifikansi α (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat penurunan intensitas perilaku agresi siswa secara signifikan pada siswa kelas IX di SMP Negeri 15 Bogor.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY