Mereduksi Tingkat Stres Ketua Ekstrakurikuler Dengan Mindfulness-Based Stress Reduction
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.102.01Keywords:
Stres, Ketua Ekstrakurikuler, Mindfulness-Based Stress Reduction, Perceived Stress Scale, Single Subject Research, Desain A-B-AAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teknik Mindfulness-Based Stress Reduction (MBSR) mampu untuk mereduksi tingkat stress yang dialami ketua ekstrakurikuler salah satu MA Negeri di Kota Serang. Populasi yang digunakan sebanyak 19 siswa ketua ekstrakurikuler dan sampel diambil sebanyak 1 siswa ketua ekstrakurikuler yang memiliki tingkat stress sangat tinggi yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Pengumpulan data menggunakan instrument stres Perceived Stress Scale (PSS) dengan jumlah butir 7 pernyataan valid dan nilai reliabilitas 0,779. Hasil analisis data menggunakan dua metode yakni analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi, diperoleh tingkat stres dengan skor 23 kategori sangat berat turun menjadi skor 6 kategori normal. Hasil penelitian terjadi penurunan tingkat stres ketua ekstrakurikuler PMR sebesar 74%. Kesimpulan adanya pengaruh teknik mindfulness-based reduction efektif menurunkan tingkat stres ketua ekstrakurikuler PMR di salah satu MA Negeri di Kota Serang. Penelitian dapat dilakukan lebih lanjut untuk mendukung terlaksananya program BK di sekolah.
References
Alberth, E. (2006). Rational Emotif Behaviour Therapy and The Mindfulness-Based Stress Reduction Training Of John Kabat-Zin. Journal Of Rational-Emotive and Cognitive-Behaviour Therapy, 63–78.
Ariyanto, E. A. (2016). Tingkat Stres Pada Remaja di Lapas Anak Blitar. Jurnal Psikologi Indonesia, 226–231.
Baniasadi, H., Kashani, F. L., & Jamshidfar, Z. (2014). Effectivenest Of Mindfulness Training On Reducting Of Distress Of Patiens Infected By Breast Cancer. Elsevier: Procedia Social and Behaviours Sciences, 994–948.
Era, F. (2019). How To Deal With Stres. Psikologi Corner.
Erford, B. t. (2017). 40 Teknik Yang Harus Diketahui Oleh Konselor.
Evans, S., Wyka, K., & Blaha, K. T. (2018). Compassion Mediated Well-Being Improvements In And MBSR Program In A Comunity Based Sample. Springer Sciences, 1–8.
Gaol, N. T. L. (2016). Teori Stres: Stimulus, Respon, dan Transaksional. Jurnal Bulletin Psikologi, 1–11.
Hurlock, B. E. (1980). Development Psychology: Life Span Approach, 15 Edition. MC Graw-Hil Education INC.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Salinan), Pub. L. No. Pasal 1 Ayat 2, Pasal 3 Ayat 2, 1 (2014).
Janssen, M., Heerkens, Y., & Kuijer, W. (2018). The Effect Of MBSR On Employe Mental Health An Over View. Plos One, 1–37.
John, W. S. (2012). Life Span Development 13’Edition: Perkembangan Masa Hidup Jilid 1. Erlangga.
King, E., & Badham, R. (2018). The Whell Of Mindfulness: Kerangka Generatif untuk Kepemimpinan Mindful Generasi Kedua. Spingers Science, 1–11.
Komalasari, G., Wahyuni, E., & Karsih. (2016). Teori dan Teknik Konseling. Indeks.
Musradinur. (2016). Stres dan Cara Mengatasinya Dalam Perspektif Psikologi. Jurnal Edukasi, 183–199.
Narmoatmojo, W. (2010). Makalah Ekstrakurikuler di Sekolah: Dasar Kebijakan dan Aktualisasinya. Jurnal UNS, 14.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Pub. L. No. 4 Ayat 1, 1 (2008).
Nisrina, G. E. (2016). Perbedaan Strategi Coping Stres Pada Mahasiswa Organisasi dan Non Organisasi di Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Jurnal Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim, 165.
Novia, A. Y. (2020). Pengembangan Media Video Tutorial mengenai Mindfulness-Breathing Meditation untuk Mengurangi Stres Pada Peserta Didik di SMA Negeri 58 Jakarta. Insight BK UNJ.
Passmore, J. (2019). Mindfulness Dalam Organisasi Bagian 2: Panduan Praktik untuk Menerapkan Pendekatan Berbasis Mindfulness dalam Pengembangan Kepemimpinan, Kesejahteraan dan Pembinaan. CentAURE Reading University, 1–16.
Undang - Undang (UU) Sistem Pendidikan Nasioal, Pub. L. No. 4 (2003).
Pratiwi, S. I. (2020). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Karakter Disiplin Siswa SD. Jurnal Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 62–70.
Prayoga, A. (2019). Manajemen Program Pembinaan Ahlak Karimah Peserta Didik melalui Ekstrakurikuler. Jurnal Islami Education Manajemen, 93–104.
Purnomolastu, N. (2024). Analisis Tingkgatan Stres dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pimpinan Cabang Bank Swasta Nasional di Surabaya. Manajemen Dan Bisnis, 31–48.
Rosida, N., & Arifiin, Z. (2020). Korelasi ANtara Ekstrakurikuler dengan Pengembangan Potensi Santri Puteri Al-Mahrusiyah Kediri Jawa Timur. Jurnal Ilmiah DIDDAKTIK, 238–250.
Saputri, Lilis, Syahputra, & Setia, D. (2020). Dampak Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Pembentukan Karakter Siswa SMA Negeri 1 Berandan Barat. Jurnal Serunai Matematika, 69–75.
Segarahayu, R. D. (2016). Pengaruh Manajemen Stress terhadap Penurunan Tingkat Stres pada Narapidana di LPW Malang. Artikel Psikologi, 1–16.
Stein, M. (2020). Jung’s Map Of The Soul: An Introduction. Shira Media.
Waskito, P. (n.d.). Mindfulness dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Bagi Peserta Didik Remaja di SMP. Jurnal Konvensi Nasional XXI ABKIN, 115–121.
Yustiana, Y. R., Komalasari, G., & Fitri, S. (2017). Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bimbingan dan Konseling SMA. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan PPPPTK Penjas dan BK.
Zinn, J. K. (2016). Handbook Mindfulness Based Stress Reduction Program.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY