Pengembangan Cognitive Behavioral Therapy (CBT) Board Game untuk Siswa yang Mengalami Kekerasan Emosional

Authors

  • Alyezca Disya Rahadiz Universitas Negeri Jakarta
  • Susi Fitri
  • Eka Wahyuni

DOI:

https://doi.org/10.21009/INSIGHT.111.03

Keywords:

cognitive behavioral therapy, CBT, board game, papan permainan, kekerasan emosional

Abstract

Penelitian jenis pengembangan dengan menggunakan metode Design By Research ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa papan permainan dengan pendekatan Cognitive Behavioral Therapy (CBT) pada isu kekerasan emosional untuk peserta didik tingkat SMP. Pengumpulan data menggunakan adaptasi Emotional Abuse Questionnare (EAQ), pedoman wawancara, instrumen uji ahli materi, instrumen uji media, dan instrumen uji pengguna. Analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas analisis, statistik deskriptif (kategorisasi dan presentase). Tinjauan lapangan berupa penyebaran angket didapatkan total 310 siswa, wawancara siswa, dan guru bimbingan dan konseling. Hasil dari penelitian ini berupa CBT board game dengan mengakomodir life events, early learning & inhiretence biological, automatic thought, core belief & cognitive distortions & automatic thought, serta reactions (pemikiran, emosional dan perilaku), dan juga dispute, pemikiran baru, planning, dan homework dari konsep CBT dengan fokus isu kekerasan emosional. Hasil uji ahli materi mendapatkan nilai sangat layak. Kemudian hasil uji ahli media 1 mendapatkan nilai layak. Sedangkan uji ahli media 2 mendapatkan nilai sangat layak. Kemudian, hasil refleksi dengan uji pengguna ke salah satu guru BK mendapatkan nilai sangat layak. Maka dapat disimpulkan CBT board game layak untuk digunakan untuk konseling seting sekolah. Meskipun sudah dinyatakan layak, peneliti berharap CBT board game dilakukan uji coba secara komprehensif dan skala besar agar tingkat efektifitas dan kegunaannya optimal.

Downloads

Published

2022-12-20