LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK REFRAMING UNTUK MENINGKATKAN IDENTITAS DIRI SISWA

Authors

  • Moh Ananda Gemilang Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.21009/INSIGHT.111.01

Keywords:

konseling kelompok, teknik reframing, identitas diri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan konseling kelompok dengan Teknik Reframing untuk meningkatkan identitas diri siswa Kelas X SMKN 8 Pandeglang Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, pre-test post-test one group design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengetahui tingkat identitas diri siswa kelas X SMKN 8 Pandeglang. Subjek penelitian ini adalah 8 siswa yang memiliki identitas diri rendah. Teknik analisis data yang digunakan adalah ststistik parametrik menggunakan uji t dua sampel berpasangan (paired sample t Test ). Hasil menunjukan nilai rata-rata post-test lebih besar daripada nilai rata-rata pre-test, hal ini menunjukan bahwa ada peningkatan dari identitas diri siswa sesudah diterapkan layanan konseling kelompok dengan Teknik reframing. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000, yang mana lebih kecil dari 0,05, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ada perbedaan yang signifikan antara identitas diri siswa sebelum dan sesudah diterapkannya layanan konseling kelompok dengan Teknik reframing.

Downloads

Published

2022-12-20