LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK REFRAMING UNTUK MENINGKATKAN IDENTITAS DIRI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.111.01Keywords:
konseling kelompok, teknik reframing, identitas diriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan konseling kelompok dengan Teknik Reframing untuk meningkatkan identitas diri siswa Kelas X SMKN 8 Pandeglang Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, pre-test post-test one group design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengetahui tingkat identitas diri siswa kelas X SMKN 8 Pandeglang. Subjek penelitian ini adalah 8 siswa yang memiliki identitas diri rendah. Teknik analisis data yang digunakan adalah ststistik parametrik menggunakan uji t dua sampel berpasangan (paired sample t Test ). Hasil menunjukan nilai rata-rata post-test lebih besar daripada nilai rata-rata pre-test, hal ini menunjukan bahwa ada peningkatan dari identitas diri siswa sesudah diterapkan layanan konseling kelompok dengan Teknik reframing. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000, yang mana lebih kecil dari 0,05, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ada perbedaan yang signifikan antara identitas diri siswa sebelum dan sesudah diterapkannya layanan konseling kelompok dengan Teknik reframing.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY