Aplikasi Layanan Bimbingan Dan Konseling Berbasis Android Untuk Pengembangan Karir Siswa
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.112.06Keywords:
Sekolah Menengah Atas, E-career, Bimbingan dan KonselingAbstract
Bimbingan karir merupakan bagian dari Bimbingan dan Konseling (BK) untuk membantu siswa memenuhi tahap perkembangannya. Keterbatasan waktu dan ketidakseimbangan rasio guru BK dan siswa menjadi hambatan sehingga tidak terlaksananya bimbingan karir secara efektif di sekolah. Aplikasi BK menjadi solusi untuk permasalahan tersebut. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif. Data diperoleh dari penelitian kepustakaan. Aplikasi yang ditinjau adalah Halo BK yang dikembangkan oleh SMA Negeri 9 Pekanbaru. Aplikasi ini memiliki fitur yang mampu meningkatkan kematangan karir siswa yaitu ruang konsultasi, rasionalisasi nilai rapor, dan perencanaan karir. Kelebihan dari aplikasi e-career ini antara lain efisien dan efektif, mampu memunculkan potensi siswa, tidak terbatas ruang dan waktu, serta menyediakan layanan secara online dan offine. Kekurangan aplikasi ini antara lain tidak adanya informasai mengenai dunia kerja dan Perguruan Tinggi Swasta, tidak melibatkan orang tua dalam perencanaan karir, dan kemungkinan keterlambatan balasan konsultasi. Berdasarkan hasil yang didapatkan, harapannya peneliti selanjutnya akan melanjutkan untuk terus berinovasi dan mengembangkan aplikasi e-career yang dapat mengatasi kelemahan e-career sebelumnya serta dapat didistribusikan secara merata ke sekolah-sekolah di Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY