Pengembangan Media Instagram Mengenai Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Bagi Peserta Didik Sekolah Menengah Atas

  • Bela Riesti Fauziah Universitas Negeri Jakarta
  • Aip Badrujaman Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Pengembangan, Instagram, Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi, Design Based Research

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan konten media Instagram mengenai jalur seleksi masuk perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan model design based research (DBR) dengan tiga tahapan inti yaitu, analisis dan eksplorasi, desain dan kontruksi, serta evaluasi dan refleksi. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas 10 SMAN 81 Jakarta dengan jumlah sampel sebanyak 140 peserta didik yang didapat menggunakan metode non-probalility sampling. Pengumpulan data didapat dengan menggunakan penyebaran angket kepada peserta didik kelas 10 SMAN 81 Jakarta. Pengujian media Instagram dilakukan melalui dua uji ahli, yaitu uji ahli media dan uji ahli materi. Selain itu, pengujian media juga dilakukan melalui uji pengguna yaitu guru BK SMAN 81 Jakarta sebagai pengguna media bimbingan dan konseling. Hasil uji validasi ahli materi dengan persentase sebesar 64% dengan kategori layak, uji validasi ahli media dengan persentase sebesar 79%  dengan kategori layak. Hasil uji coba pengguna kepada salah satu guru BK mendapatkan persentase sebesar 82% dengan kategori sangat layak. Dapat disimpulkan media Instagram mengenai jalur seleksi masuk perguruan tinggi dikategorikan layak digunakan.

Published
2022-12-05