Hubungan Efikasi Diri dan Dukungan Sosial dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Siti Haniifah Az'zahrah Universitas Negeri Jakarta
  • Herdi Herdi Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/INSIGHT.112.07

Keywords:

Efikasi Diri, Dukungan Sosial, Prokrastinasi Akademik, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Cibadak. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 165 siswa kelas IX. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan tiga instrumen penelitian, yaitu instrumen Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) yang merupakan hasil adaptasi dari Ramadanti (2021), sedangkan instrumen General Self-Efficacy Scale (GSES) dan instrumen Procrastination Assessment Scale-Student (PASS) diadaptasi oleh peneliti. Hasil uji validitas menunjukkan semua butir valid. Uji reliabilitas pada GSES sebesar 0.720, MSPSS sebesar 0.864 dan pada PASS sebesar 0,902. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial dengan prokrastinasi akademik, hal ini menjelaskan bahwa efikasi diri dan dukungan sosial tidak terbukti sebagai faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik.

Downloads

Published

2022-12-05