Hubungan Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar dengan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMK Negeri di DKI Jakarta

Authors

  • Nadya Putri Permatasari Universitas Negeri Jakarta
  • Herdi Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/INSIGHT.121.06

Keywords:

Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar, Kemandirian Belajar, Peserta Didik SMK Negeri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dan lingkungan belajar dengan kemandirian belajar peserta didik SMK Negeri di DKI Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel penelitian berjumlah 385 peserta didik SMK Negeri di DKI Jakarta dengan teknik insidental sampling. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dengan kemandirian belajar memiliki hubungan yang positif dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,633, kemudian lingkungan belajar dengan kemandirian belajar juga memiliki hubungan yang positif dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,607. Hasil tersebut membuktikan bahwa motivasi belajar dan lingkungan belajar adalah faktor yang dapat mempengaruhi kemandirian belajar peserta didik.

Downloads

Published

2023-06-30