Model Dasar Manajemen Pengumpulan Data BK Komprehensif untuk SMA Muhammadiyah di DKI Jakarta

  • Asni Asni
  • Sudharno Dwi Yuwono
Keywords: Manajemen Pengumpulan Data, BK Komprehensif

Abstract

Model BK komprehensif di Indonesia seolah hanya menganggap manajemen hanya tugas tambahan yang tidak penting. Hal ini menjadikan aspek manajemen pengumpulan data kurang diperhatikan oleh guru BK. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan pada 20 Sekolah baik SMP maupun SMA menyatakan bahwa ditemukan kesulitan para guru BK kesulitan untuk melakukan manajemen administrasi BK. Salah satu faktor penyebabnya adalah tidak adanya konsep cara melakukan sistem manajemen yang standar dengan format-format yang baku. Hasil wawancara dengan dengan salah satu guru BK di SMP 12 Bekasi menyatakan bahwa kesulitan guru BK di Sekolah adalah ketika akan ada pemeriksaan dari pengawas mereka merasa tidak siap dengan dokumen-dokumen pelaksanaan program yang diminta. Berdasarkan permasalahan dan konsep penyelengaraan BK komprehensif di Indonesia, maka diperlukan sebuah konsep manajemen pengumpulan data dalam penyelenggaraan BK di Sekolah. Penelitian ini menggunakan metode research and development. Hasil penelitian menghasilkan produk berupa desain alur manajemen data BK dan modul panduan pelaksanaanya. Produk yang dihasilkan telah melalui uji hipotetik yaitu ahli konten BK 86 %, uji ahli grafika 80 % dan praktisi 76 %. Berdasarkan hal tersebut produk sudah pada kategori baik yang berarti produk yang dihasilkan ditinjau dari ahli dapat digunakan untuk mempermudah pelaksanaan manajemen data guru Muhammadiayah di Jakarta. Pada keterbatasan penelitian, penelitian ini masih perlu ditindaklanjuti pada tahap uji efektifitas dan pengembangan selanjutnya.

Published
2017-06-30