Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Pendekatan Bimbingan Kelompok
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.061.09Keywords:
Bimbingan Kelompok, MotivasiAbstract
Motivasi belajar yang rendah khususnya pada mata pelajaran matematika sangat berpengaruh pada prestasi belajar yang dihasilkan. Hal ini dapat dilihat dari identifikasi masalah yang dihadapi siswa yaitu malas dan merasa kurang menyenangkan dalam belajar matematika sehingga tidak menguasai pelajarannya. Berdasarkan hasil tes motivasi terdapat 28% siswa yang masih memperoleh motivasi yang rendah dengan nilai rata-rata 58, 9% atau berada pada kategori rendah. Pemberian layanan bimbingan konseling yang tepat diharapkan dapat memperbaiki permasalahan tersebut. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengkaji efektifitas penerapan bimbingan kelompok dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Bimbingan kelompok dalam penelitian ini adalah salah satu layanan bimbingan terhadap sejumlah individu dalam suatu kelompok dengan memanfaatkan dinamika yang berkembang dalam kelompok. Dinamika kelompok disini adalah suasana kelompok yang hidup yang ditandai oleh semangat kerjasama yang dinamis untuk mencapai tujuan kelompok. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IX.6 SMP Negeri 23 Bekasi tahun ajaran 2013/2014 dengan metode penelitiannya yaitu penelitian tindakan bimbingan dan konseling dengan prosedur menggunakan siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan menggunakan instrument pedoman observasi dan angket, serta teknik analisis data menggunakan teknik kuantitatif untuk mengolah hasil evaluasi dan teknik kuantitatif untuk menginterpretasikan data hasil pengamatan proses pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan hasil yang signifikan penerapan pendekatan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika 4,8% setelah siklus l dan mengalami peningkatan sebesar 8% setelah dilaksanakan siklus 2. Penerapan bimbingan kelompok sangat tepat digunakan. Bagi peneliti selanjutnya penerapan bimbingan kelompok menuntut kemampuan dari pembimbing untuk melakukan inovasi dan improvisasi sesuai dengan perkembangan zaman.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY