SIKAP GURU MATA PELAJARAN TERHADAP PERAN GURU BK DI SMPN 261 PENJARINGAN JAKARTA

  • Iis Zakkiyah
  • Atiek Sismiati
  • Awaluddin Tjalla
Keywords: Sikap guru mata pelajaran dan Peran Guru BK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang sikap guru mata pelajaran terhadap peran guru BK di SMPN 261 Penjaringan Jakarta Utara. Penelitian ini adalah penelitian survei yang bersifat deskriptif.Populasi dan sampel yang diambil sebanyak 50 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen persepsi sikap guru mata pelajaran terhadap peran guru BK, berdasarkan teori Rosenberg dan Hovland, yang menyatakan ada 3 (tiga) komponen sikap yaitu kognitif (pengetahuan), afektif (emosi/perasaan), konatif (tingkah laku atau tindakan). Telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Menghasilkan 32 butir pernyataan yang valid dan 8 butir pernyataan yang tidak valid dari keseluruhan 40 butir pernyataan, sedangkan reliabilitasnya sebesar 0,984 yang berarti tinggi. Hasil penelitian diketahui bahwa 80% sikap guru mata pelajaran terhadap peran guru BK bersifat positif atau mendukung peran guru BK karena telah menciptakan atmosfir akademik yang baik bagi berjalannya proses pendidikan, sedangkan 20% bersifat negatif terhadap peran guru BK yang belum maksimal karena keterbatasan SDM dibandingkan jumlah siswanya.   

Published
2016-12-31