Pengembangan Media Video Tutorial Loving-Kindness Meditation untuk Meningkatkan Regulasi Emosi Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.121.01Keywords:
Kesulitan Regulasi Emosi, DBR (Design-Based Research), Video Tutorial, Mindfulness, MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video tutorial loving-kindness meditation untuk meningkatkan kemampuan regulasi emosi mahasiswa, khususnya mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Video tutorial loving-kindness meditation digunakan sebagai media informasi mengenai regulasi emosi dan loving-kindness meditation, serta sebagai alat bantu mandiri bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan regulasi emosi di usia emerging adulthood pada kondisi pandemi covid-19. Responden penelitian ini berjumah 272 mahasiswa Universitas Negeri Jakarta dari 8 fakultas yaitu, FIP, FBS, FMIPA, FIS, FT, FIO, FE, dan FPPsi. Hasil penelitian menggunakan instrumen DERS-SF (Difficulties in Emotion Regulation Scale – Short Form) menunjukkan rata-rata skor kesulitan regulasi emosi mahasiswa berada di angka 53 yang berarti berada pada kategori sedang. Metode yang digunakan untuk pengembangan media yaitu, DBR (Design Based Research) dengan tiga tahapan yaitu, analisis dan eksplorasi, desain dan konstruksi, serta evaluasi dan refleksi. Namun, penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap evaluasi. Video tutorial loving-kindness meditation telah di uji oleh ahli media dan materi dengan persentase 98% untuk media dan 93% untuk materi. Hal ini menunjukkan bahwa media yang telah dikembangkan dikategorikan sangat layak untuk digunakan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY