Pengembangan Media Workbook dengan Mindful Self-Compassion untuk Meningkatkan Regulasi Emosi Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Authors

  • Indah Dwi Yulianti Universitas Negeri Jakarta
  • Eka Wahyuni Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/INSIGHT.121.03

Keywords:

Regulasi Emosi, Mindful Self-Compassion, Workbook, Design Based Research

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media workbook dengan mindful self-compassion untuk meningkatkan regulasi emosi mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Penelitian ini menggunakan metode Design Based Research (McKenney & Reeves, 2018)  yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu: analisi – eksplorasi, desain – konstruksi, dan evaluasi – refleksi. Pada tahap analisis peneliti melakukan studi pendahuluan pada 272 mahasiswa UNJ dengan hasil skor rata-rata kesulitan regulasi emosi (Goals, Strategy, Clarity, impulse, non-acceptance, Awareness) mahasiswa sebesar 53 dan 91% mahasiswa menyatakan tertarik dalam pembuat media workbook untuk latihan Mindful self-compassion. Mahasiswa berasal dari Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Olahraga, Fakultas Psikologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan Fakultas Ekonomi. Evaluasi dilakukan oleh validator ahli media dan ahli materi dengan hasil validasi ahli media sebesar 57% (layak) dan validasi ahli materi 75% (layak). Hasil dari penelitian ini adalah workbook dengan mindful self-compassion untuk meningkatkan regulasi emosi mahasiswa UNJ. Peneliti selanjutnya dapat melakukan uji pilot untuk keefektifan workbook MSC.

Downloads

Published

2023-06-30