PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK EXAMPLE NON-EXAMPLE PADA BIMBINGAN KLASIKAL TERHADAP PEMAHAMAN KEKERASAN DALAM PACARAN (Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa SMP Negeri 7 Tangerang Selatan)
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.062.10Keywords:
model pembelajaran kooperatif, teknik example non-example, bimbingan klasikal, pemahaman, kekerasan dalam pacaranAbstract
Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik example non-example pada bimbingan klasikal terhadap pemahaman kekerasan dalam pacaran siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Tangerang Selatan. Metode penelitian kuasi eksperimen dengan non-equivalent control group design. Sampel penelitian ini yakni VIII-5 sebagai kelompok eksperimen dan VIII-4 sebagai kelompok kontrol yang diambil dari populasi menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang dikembangkan melalui indikator pemahaman Bloom. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial non parametrik. Pengujian hipotesis menggunakan Mann Whitney U-Test pada aplikasi SPSS versi 16.0. Hasil pengujian didapatkan nilai Sig sebesar 0,000 < a 0,05, maka H0 ditolak karena model pembelajaran kooperatif teknik example non-example berpengaruh signifikan terhadap pemahaman kekerasan dalam pacaran. Oleh sebab itu, guru bimbingan dan konseling dapat memanfaatkan model pembelajaran kooperatif teknik example non-example yang digunakan dalam penelitian ini sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai kekerasan dalam pacaran.
References
Cook, T. D., & Campbell, D. T. (1979). Quasi-experimentation: design and analysis issues for field settings. Boston: Houghton Mifflin Company.
Ferlita, G. (2008). Sikap terhadap kekerasan dalam berpacaran (penelitian pada mahasiswi reguler universitas esa unggul yang memiliki pacar). Jurnal Psikologi, 6(1) , 10-24.
Heppner, P. P., Wampold, B. E., & Kivlighan, J. (2008). Research design in counseling. Belmont: Thomson Higher Education.
Huda, M. (2013). Cooperative learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Komalasari, K. (2011). Pembelajaran kontekstual: konsep dan aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2015). Ragam pengembangan: model pembelajaran untuk peningkatan profesionalitas guru. Jakarta: Kata Pena.
Mayawati, E. H. (2009). Pengetahuan remaja tentang fenomena kekerasan dalam pacaran (Published undergraduate thesis). Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.
Murray, J. (2007). But I love him: protecting your teen daughter from controlling, abusive dating relationships. United States: HarperCollins Publishers Inc.
Reed, S. K. (2011). Kognisi: teori dan aplikasi (7th ed.). (Tusyani, Trans.) Jakarta: Salemba Humanika.
Safitri, W. A., & Sama'i. (2013). Dampak kekerasan dalam berpacaran. Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa UNEJ, 1(1) , 1-6.
Santrock, J. W. (2012). Lifespan development (13rd ed.). (Widyasinta, Trans.) Jakarta: Erlangga.
Slavin, R. E. (2008). Cooperative learning: teori, riset dan praktik. (Yusron, Trans.) Bandung: Nusa Media.
Slavin, R. E. (1991). Synthesis of research of cooperative learning. Educational Leadership, 48(5) , 71-82.
Supriatna, M. (2011). Bimbingan dan konseling berbasis kompetensi: orientasi dasar pengembangan profesi konselor. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Widodo, A. (2006). Taksonomi bloom dan pengembangan butir soal. Buletin Puspendik, 3(2) , 18-29.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY