Pengaruh Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Rasa Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Surakarta

Authors

  • Dewi Hapsari Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.21009/INSIGHT.121.09

Abstract

Hasil belajar penting bagi siswa untuk mempersiapkan karirnya dimasa depan, hasil belajar sendiri dipengaruhi oleh sosial ekonomi orang tua dan rasa percaya diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menggali pengaruh antara sosial ekonomi orang tua, rasa percaya diri siswa, dan prestasi akademik siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Data penelitian ini diperoleh melalui angket, skala psikologi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki tingkat sosial ekonomi orang tua yang seimbang antara rendah dan tinggi. Rasa percaya diri siswa cenderung sedang, dan hasil belajar mereka juga berada pada kategori sedang. Meskipun sosial ekonomi orang tua tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar, rasa percaya diri siswa berperan penting dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini juga menunjukkan adanya keterkaitan yang signifikan antara sosial ekonomi orang tua dan rasa percaya diri siswa terhadap hasil belajar siswa secara simultan. Implikasinya adalah pentingnya peran orang tua dan sekolah dalam mendukung peningkatan sosial ekonomi keluarga serta membangun rasa percaya diri siswa. Dengan dukungan yang tepat, diharapkan siswa dapat lebih optimal dalam mengembangkan potensi akademik mereka dan meraih prestasi yang lebih baik di jenjang SMP.

Downloads

Published

2023-06-30