Pengaruh Konseling Kelompok dengan Pendekatan Behavioral Melalui Teknik Relaksasi Otot Progresif untuk Menurunkan Tingkat Stres Akademik

Authors

  • Yuliana Larasmita UNJ
  • Happy Karlina Marjo
  • Aip Badrujaman

DOI:

https://doi.org/10.21009/INSIGHT.122.10

Keywords:

Stres Akademik, Konseling Kelompok, Relaksasi Otot Progresi, SMP Negeri

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan pendekatan behavioral melalui teknik relaksasi otot progresif untuk menurunkan tingkat stres akademik pada siswa SMP Negeri 181 Jakarta. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif metode eksperimen one group pretest postest. Subjek dalam penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 181 Jakarta dengan jumlah sampel 10 siswa dan teknik sampling menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah Educational Stress Scale for Adolescent (ESSA) yang dikembangkan Sun (2011). Eksperimen dilakukan sebanyak 6 sesi yang terdiri dari tahap pretest, pembentukan, transisi, penerapan teknik relaksasi otot progresif, penyimpulan, penutup dan postest. Hasil pretest menunjukan bahwa terdapat 3 siswa yang memiliki kategori stres akademik sangat tinggi pada aspek tekanan belajar dan 7 siswa yang memiliki kategori tinggi pada aspek kekhawatiran terhadap nilai. Setelah postest menjadi 3 siswa yang memiliki kategori stres akademik sedang pada aspek kekhawatiran terhadap nilai dan dan 7 siswa yang memiliki kategori rendah pada aspek beban tugas. Jumlah skor keseluruhan yang diperoleh sebelum diberikan perlakuan 68,9%, setelah diberikan perlakuan menjadi 48,5% sehingga terdapat penuruan skor sebanyak 20,4%. Setelah dilakukan proses layanan konseling kelompok dengan behavioral melalui teknik relaksasi otot progresif diperoleh kondisi anggota kelompok menjadi lebih rileks, percaya diri, konsentrasi dan mampu berpikir positif yang dapat mengurangi tekanan belajar pada mata pelajaran sehari-hari. Dengan demikian dapat diartikan bahwa layanan konseling kelompok dengan pendekatan behavioral melalui teknik relaksasi otot progresif dapat menurunkan tingkat stres akademik siswa kelas VIII SMP Negeri 181 Jakarta. Sehingga implikasi yang dilakukan dalam penelitian adalah teknik relaksasi otot progresif bisa dijadikan sebagai salah satu strategi mengatasi stres akademik yang dirasakan oleh siswa.

References

Aditya , K. A., Gading, K., & Dharsana, K. (2017). Efektivitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Relaksasi Untuk Meningkatkan Self Change Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia.

Anwar, Z. (2015). Penerapan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Happiness Pada Remaja Panti Asuhan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan .

Arsiah, & Warsito, B. E. (2018). Pengaruh Terapi Relaksasi Otot Progresif Terhadap Stress. Jurnal Kesehatan, Vol 9 (2).

Aryani. (2016). Stres Belajar. Makassar: Edukasi Mitra Grafika.

Ginanti, A. R. (2018, Maret). Ejak Tahun 2007, 11 Murid Meninggal Karena Un. Depresi Lalu Bunuh Diri Penyebab Terbanyak. Retrieved Agustus 28, 2022, From Https://Cewekbanget.Grid.Id/Read/06864884/Sejak-Tahun-2007-11-Murid-Meninggal-Karena-Un-Depresi-Lalu-Bunuh-Diri-Penyebab-Terbanyak?Page=All

Hidayat, M. (2021). Riset Garmin: Indonesia Jadi Negara Dengan Tingkat Stres Tertinggi Di Asia Pada 2021. Retrieved Agustus 28, 2022, From Https://Www.Liputan6.Com/Tekno/Read/4763917/Riset-Garmin-Indonesia-Jadi-Negara-Dengan-Tingkat-Stres-Tertinggi-Di-Asia-Pada-2021

Jacobson, E. (1938). Progressive Relaxation. Chicago, IL: University of Chicago Press.

Lusiana, I. R. (2019). Pengaruh Relaksasi Otot Progresif Terhadap Penurunan Stres Akademik Pada Siswa Smp. Skripsi.

Miraz, S. S. (2018). Pengaruh Bimbingan Klasikal Terhadap Kemampuan Bersosialisasi Siswa Kelas X Di Sman 2 Garut. Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, Vol 6 (3).

Panewaty, D. F., & Indrawati, E. S. (2018). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orantua Dengan Penyesuaian Sosial Pada Siswa Dalam Asuhan Nenek Di Smp Negeri 1 Ngraho Kabupaten Bojonegoro . Jurnal Empati, Vol 7 (1), 145-154.

Prasetyawan & Ariati. (2018). Hubungan Antara Adversity Intelligence Dan Stres Akademik Pada Anggota Organisasi Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Di Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, Vol 7 (2).

Prastiwi, D. (2022). Liputan 6. Retrieved 08 Minggu, 28, From Https://Www.Liputan6.Com/News/Read/4913251/Update-Rabu-16-Maret-2022-5927550-Positif-Covid-19-Sembuh-5494606-Meninggal-152975

Resti, I. B. (2014). Teknik Relaksasi Otot Progresif Untuk Mengurangi Stres . Jurnal Ilmiah Psikologi Terapa, Vol 2 (1).

Rihiantoro, T., Handayani, R. S., Wahyuningrat, N. M., & Suratminah. (2018). Pengaruh Teknik Relaksasi Otot Progresif Terhadap Kecemasan Pada Pasien Pre Operasi. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, Volume 14, No. 2.

Rochman Natawijadja. 2009. Konseling Kelompok, Konsep Dasar dan Pendekatan. Bandung: Rizki Press.

Sari, N. P., & Harmanto, D. (2020). Pengaruh Terapi Relaksasi Otot Progresif Terhadap Kadarglukosa Darah Dan Ankle Brachial Index Diabetes Melitus Ii. Journal Of Nursing And Public Health, Vol 8 (2).

Sugiyono. (2006). Metod Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Rnd. Jakarta: Alfabeta.

Sun, Dunne, & Hou. (2011). Educational Stress Scale For Adolescent. Journal Of Psychoeducational Assesment, Vol 8 (7), 319-325.

Suranata, K., & Prakoso, B. B. (2020). Program Web-Based Sfbc Untuk Mereduksi Kecemasan Akademik Siswa Saat Pandemi Covid-19; Sebuah Pilot Studi. Jppi (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 6(2), 1-6.

Uray, H. (2015). Teknik Role Playing Dalam Konseling Kelompok. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, Vol 1 (1).

WHO. (2021, November). Update On Coronavirus Disease In Indonesia. Retrieved Agustus 28, 2022, From Https://Www.Who.Int/Indonesia/News/Novel-Coronavirus

Wolpe, J. (1958). Psychotherapy by reciprocal inhibition. Stanford: Stanford University Press

Published

2025-01-29