Gambaran Adaptabilitas Karier Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.122.09Keywords:
Karier, Adaptabilitas Karier, Mahasiswa Akhir, SavickasAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran adaptabilitas karier mahasiswa akhir Program Studi BK FIP UNJ. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa akhir BK FIP UNJ dari Angkatan 2016 – 2019 dengan jumlah sampel 136 mahasiswa dan didapat 108 mahasiswa menggunakan teknik sampling stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah Career Adaptability oleh Savickas (Savickas & Porfeli, 2011) yang memiliki 4 dimensi yaitu concern, curiosity, confidence, dan consultation. Instrumen ini terdiri dari 24 butir mengenai adaptabilitas karier. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata adaptabilitas karier mahasiswa akhir tergolong sedang yaitu 58,28 dengan tingkat tertinggi adaptasi pada dimensi confidence (kepercayaan) 86,4 dan dimensi terendah adalah concern (perhatian) 37,8 yang seharusnya menjadi dimensi utama pada dimensi adaptabilitas karier.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Rifqy Ash-Shiddiqy, Nadya Yasmin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY