Pengaruh Partisipasi Organisasi Mahasiswa, Kualitas Lingkungan Kampus dan Dukungan Sosial Terhadap Kesejahteraan Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Angkatan 2022 UIN Sunan Ampel Surabaya

Authors

  • Dinda Puji Lestari UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Ayu Safitri UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Nurul Aini Mas’udiyah UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.21009//INSIGHT.122.01

Keywords:

Partisipasi, Kualitas, Kesejahteraan, Mahasiswa

Abstract

Kesejahteraan mahasiswa telah menjadi salah satu prioritas utama institusi pendidikan tinggi di era globalisasi dan persaingan yang ketat. Memastikan kesejahteraan mahasiswa sangat penting untuk memenuhi visi dan misi pendidikan tinggi, karena hal ini memungkinkan mereka untuk tumbuh secara maksimal dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. Keterlibatan organisasi kemahasiswaan, standar lingkungan kampus, dan dukungan sosial hanyalah beberapa variabel yang dapat mempengaruhi kesejahteraan mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kesejahteraan mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya angkatan 2022 Fakultas Dakwah dan Komunikasi, terhadap tingkat partisipasi organisasi kemahasiswaan, lingkungan kampus, dan dukungan sosial. Analisis ini menunjukkan dampak faktor-faktor tersebut terhadap kesejahteraan siswa. Kuesioner dibagikan kepada sampel yang diperlukan untuk pengolahan data sebagai bagian dari analisis metode kuantitatif yang dilakukan untuk penelitian. Setelah data diolah, temuan penelitian menunjukkan bahwa sejumlah faktor antara lain keterlibatan organisasi kemahasiswaan, standar lingkungan kampus, dan dukungan sosial berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan mahasiswa angkatan UIN Sunan Ampel Surabaya. Tahun 2022 di Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

 

References

Abdi, S. (2020). Pengaruh Tingkat Keaktifan Mahasiswa Dalam Lembaga Dakwah Kampus Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Aji, B. T., Hasanah, U., & Nugraheni, P. L. (2022). Pengaruh dukungan sosial orang tua dan pengalaman organisasi terhadap kecerdasan emosional remaja di organisasi mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan), 9(01), 68-79.

Estiane, U. (2015). Pengaruh Dukungan Sosial Sahabat Terhadap Penyesuaian Sosial Mahasiswa Baru di Lingkungan Perguruan Tinggi. Jurnal Psikologi Klinis Dan Kesehatan Mental, 4(1), 29–40.

Fatmawati, S., & Syahbana, J. A. (2015). Penerapan Kebijakan Pembangunan Berkelanjutan di Lingkungan Kampus (Studi Perbandingan Antara Kampus Tembalang Universitas Diponegoro Dan Kampus Tertre Universitas Nantes). Jurnal Pembangunan dan Wilayah Kota, 11(4), 484-497.

Huppert, F. A., & So, T. T. C. (2009). What Percentage Of People in Europe are Flourishing and what are characterises them? Briefing Document for the OECD/ISQLS meeting “measuring subjective well-being: an oppurtunity for NSOs?”

Julika, S., & Setiyawati, D. (2019). Kecerdasan emosional, stres akademik, dan kesejahteraan subjektif pada mahasiswa. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 5(1), 50-59.

Kholifah, S. Usaha Kesejahteraan Sosial Organisasi Ekstra Kampus Dalam Membangun Aktualisasi Diri Mahasiswa (Studi Desriptif Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Jember) (Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Jember).

Magfirah, I., & Prafitriyani, S. (2019). Pengaruh Organisasi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Iqra Buru (Uniqbu). PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 3(2), 828-837.

Mojaverian, T., & Kim, H. S. (2013). Interpreting a helping hand cultural variation in the effectiveness of solicited and unsolicited social support. Personality and Social Psychology Bulletin, 39, 88-99

Padli, R., & Akbar, A. (2023). Pengaruh Semangat Berorganisasi terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 1-13.

Pasha, M. K., Pratiska, P. M., Johan, Z. B., & Meirlyana, R. G. (2022). Partisipasi Mahasiswa Dalam Organisasi Himpunan Mahasiswa Jurusan (Hmj) Sosiologi. SOCIOLOGIE: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Sosiologi, 1(1).

Putri, N. T., Satria, B., Amrina, E., & Alfadhlani, A. (2021). Pengaruh Kualitas layanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa dengan Moderasi Budaya Organisasi dan Reputasi. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 10(2), 121-130.

Ryff, C. D. (1989). Happiness is everything, or is it? Explorations on the meaning of psychological well-being. Journal of Personality and Social Psychology, 57(6), 1069–1081. https://doi.org/10.1037/0022-3514.57.6.1069.

Sarafino, Edward P., & Smith, Timothy W. (2011). Health Psychology: Biopsycholosial Interactions-Sevent Edition. United States of America: Wiley

Sarason, B. R., Sarason, I. G., Pierce, G. R. (190). Social Support: An Interactional View. New York: AWiley Interscience Publication.

Susilawati, N. (2021). Merdeka belajar dan kampus merdeka dalam pandangan filsafat pendidikan humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203-219.

Wibowo, A. (2016). Hubungan lingkungan kampus, pola asuh orang tua dan motivasi berprestasi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 16(1), 33-57.

Widiastuti, F., Amin, S., & Hasbullah, H. (2022). Efektivitas metode pembelajaran case method dalam upaya peningkatan partisipasi dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah manajemen perubahan. Jurnal Pendidikan, 6(1), 728-731.

Witjaksono, F. H., & Muhid, A. (2021). Faktor-faktor determinan yang mempengaruhi subjective well-being remaja penyandang disabilitas. Jurnal Penelitian Psikologi, 12(2), 90-95.

Published

2025-01-22