Hubungan Tingkat Stres dengan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VIII di SMP Swasta IMELDA
DOI:
https://doi.org/10.21009//INSIGHT.131.10Keywords:
Stres, Motivasi BelajarAbstract
Stres merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam
belajar. Stress adalah respon tubuh terhadap ketidakmampuan menghadapi tuntutan
yang diterima yang bisa mengganggu kesehatan yang ingin dicapai. Penelitian ini
bertujaun untuk mengetahui hubungan tingkat stres dengan motivasi belajar siswa
kelas VIII SMP Swasta Imelda. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif
jenis korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan sampel
dari penelitian ini adalah siswa kelas VII C yang berjumlah sebanyak 30 orang
siswa. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah dengan
menyebarkan angket pada siswa kelas VII C. Kemudian data hasil angket ini diolah
menggunakan SPSS versi 22.0. Maka, berdasarkan analisis data, hasil penelitian
menunjukkan bahwa, berdasarkan korelasi uji spearman rank diperoleh hasil nilai
sig = 0,324 dimana 0,324 > 0,05 yang artinya tidak terdapat korelasi antara
tingkat stress dengan motivasi belajar siswa. Nilai correlation coefficient r ialah -
0,186 dimana menunjukkan bahwa tingkat kekuatan korelasi adalah sangat lemah.
Dan angka correlation coefficient pada hubungan di atas bernilai negatif, maka
arah hubungan dari kedua variabel tersebut ialah tidak searah.
References
Amanah, Siti, Rosihan Jauhari, and Akmal Sutja. 2023. “Analisis Tingkat Stress Akademik Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Kota Jambi.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(1):4578–81.
Amri, Sri Ramadhani. 2020. “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Stres Akademik Siswa Kelas Xi Man 1 Medan Dan Implikasinya Dalam Bimbingan Konseling Skripsi.” Universitas Islam Negeri Sumaters Utara.
Andriyani, Juli. 2019. “Strategi Coping Stres Dalam Mengatasi Problema Psikologis.” At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam 2(2):37. doi: 10.22373/taujih.v2i2.6527.
Ariyanto, Ayok, and Sulistyorini. 2020. “Konsep Motivasi Dasar Dan Aplikasi Dalam Lembaga Pendidikan Islam.” AL-ASASIYYA: Journal Basic Of Education 4(2):1. doi: 10.24269/ajbe.v4i2.2333.
Astuti, Lenny, Lily Marleni, and Lela Aini. 2021. “Tingkat Stres Terhadap Motivasi Belajar Di Masa Pandemi Corona Virus Disease 19 (Covid 19) Pada Mahasiswa Keperawatan Stik Siti Khadijah Palembang.” Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako) 7(2):68–74. doi: 10.22487/htj.v7i2.64.
Daulay, Maslina. 2021. “Implementasi Bimbingan Konseling Islam Dalam Stres.” Jurnal Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 3(2):283–96. doi: 10.24952/bki.v3i2.4875.
Farida, Nur. 2022. “Fungsi Dan Aplikasi Motivasi Dalam Pembelajaran.” Education and Learning Journal 2(2):118. doi: 10.33096/eljour.v2i2.133.
Hasan, Adtman, and Umi Baroroh. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Aplikasi Vidioscribe Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” LISANUNA: Jurnal Ilmu Bhasa Arab Dan Pembelajarannya 9(2):140–55.
Hasibuan, Muhammad Taufik Daniel. 2019. “Hubungan Stres Belajar Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Yang Menjalani Pendidikan Di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Murni Teguh.” Indonesian Trust Health Journal 2(1):128–31. doi: 10.37104/ithj.v2i1.24.
Hidayati, Lina Nur, and Mugi Hidayati. 2021. “Tinjauan Literatur Mengenai Stres Dalam Organisasi.” Jurnal Ilmu Manajemen 18(1):20–30.
Julaeha, Eha. 2019. “Peran Pembimbing Konseling Islam Dalam Menangulangi Konflik, Stres, Trauma Dan Frustrasi.” Prophetic : Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal 2(1):111–26. doi: 10.24235/prophetic.v2i1.4754.
Laia, Bestari, and Eka Periaman. 2020. “Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat SLTA (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo).” Jurnal Education And Development 8(4):602–8.
Leny, Lince. 2022. “Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar.” Prosiding : Sentikjar 3(1):17. doi: 10.55115/edukasi.v3i1.2296.
Mahardhika, Dita Martina, Sri Ratna Dewi, and I. Wayan Eka Arsana. 2023. “Hubungan Antara Stres Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa.” E-Journal AMJ (Aesculapius Medical Journal) 3(2):254–60.
Muslim, Moh. 2020. “Manajemen Stress Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Manajemen Bisnis 23(2):192–201.
Musradinur. 2016. “Stres Dan Cara Mengatasinya Dalam Perspektif Psikologi.” JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 2(2):183. doi: 10.22373/je.v2i2.815.
Nurmala, Meilla Dwi, Tubagus Syarif, and Astri Rachmayani. 2020. “Tingkat Stres Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling 5(2):13–23.
Prabandaru, Rio, and Widodo. 2022. “Hubungan Kompetensi Dengan Kinerja Pamong Belajar Pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket B Di SKB Gresik.” J+PLUS: JurnalMahasiswa Pendidikan Luar Sekolah 11(2):105.
Vinahapsari, Cinthia Annisa, and Rosita. 2020. “Pelatihan Manajemen Waktu Pada Stres Akademik Pekerja Penuh Waktu.” Jurnal Bisnis Darmajaya 06(01):20–28.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ayu Muthma'innah Polem, Ismaniar Hasanah Sagala, Nurhaida

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY