Menurunkan Academic Burnout Melalui Konseling Kelompok Teknik Dispute Kognitif dan Dispute Imajinasi

Authors

  • Risky Budi Lestari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Muhammad Japar Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Dewi Lianasari Universitas Muhammadiyah Magelang

DOI:

https://doi.org/10.21009/INSIGHT.131.03

Keywords:

Konseling kelompok, Dispute Kognitif, Dispute Imajninasi, Academic Burnout

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan konseling kelompok teknik dipsute kognitif dan dispute imajinasi terhadap penurunan academic burnout kelas X BDP 2  SMK Swadaya Temanggung. Jenis penelitian menggunakan Pretest-Posttest Comparasion group design. Subjek penelitian dipilih secara random. Sampel yang digunakan pada kelompok ekperimen 1 sejumlah 7 siswa dan kelompok eksperimen 2 sejumlah 7 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner skala academic burnout. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis uji anova dengan bantuan program softwere SPSS 26.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok teknik dispute kognitif dan dispute imajinasi efektif menurunkan academic burnout pada siswa. Hasil analisis kelompok eksperimen 1  terdapat penurunan skor sebesar 32 atau 25% dan kelompok eksperimen 2 sebesar 35 atau 40%.

References

Agustina, P., Bahri, S., & Bakar, A. (2019). Analisis Faktor Penyebab Terjadinya Kejenuhan Belajar Pada Siswa dan Usaha Guru BK untuk Mengatasinya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 4(1), 96–102.

Arlinkasari, F. ; S. Z. A. (2017). Hubungan antara School Engagement, Academic Self-Efficacy dan Academic Burnout pada Mahasiswa. Humanitas, 1(2), 81–102.

Asrowi, A., Susilo, A. T., & Hartanto, A. P. (2020). Academic Burnout Pada Peserta Didik Terdampak Pandemi Covid-19. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 123–130. https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1195

Astinah, A. N. W. (2023). Remapping Rational Self: Rational Emotive Behavior Therapy Meningkatkan Penyesuaian Diri Mahasiswa. AL MA'ARIF: Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya, 5(1), 31–39.

Aypi, M. I., Ekawati, Y. N., & Periantalo, J. (2022). Hubungan Antara Hardiness Dengan Academic Burnout Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kota Jambi Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi Jambi, 7(1), 1–14.

Fahmi, N. N., & Slamet, S. (2016). Layanan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa SMK 1 Depok Sleman. Jurnal Hisbah, 13(1), 69–84.

Fitriani, N., Wahyuni, E., & Marjo, H. K. (2016). Penerapan Teknik Dispute Kognitif Dalam REBT Untuk Meningkatkan Resiliensi Pada Mahasiswa (Single Subject Research terhadap mahasiswa Program Studi Psikologi Angkatan 2014 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta). Insight : Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 73–80.

Gladding, S. T. (2012). Konseling Profesi yang Menyeluruh (Edisi Keenam). Indeks.

Hanina, P., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 5(5), 3791–3798.

Hyman, S. A., Shotwell, M. S., Michaels, D. R., Han, X., Card, E. B., Morse, J. L., & Weinger, M. B. (2017). A Survey Evaluating Burnout, Health Status, Depression, Reported Alcohol and Substance Use, and Social Support of Anesthesiologists. National Center Of Biotechnology Information, 125(6). https://doi.org/10.1213/ANE.0000000000002298

Japar, M., Kurniati, A., & Lianasari, D. (2021). Pelatihan Konseling REBT bagi Guru Bimbingan dan Konseling SMA Kota Magelang untuk Meningkatkan Kinerja Layanan Konseling. CARADDE : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 397–404.

Komalasari, G. (2011). Teori dan Teknik Konseling. PT Indeks.

Lianasari, D. ;, & Japar, M. (2022). Konseling Kelompok Rational Emotive Behaviour Therapy Berbasis Nilai Budaya Jawa Untuk Meningkatkan Kebermaknaan Hidup Pada Masa Pandemi Covid-19. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(3), 645–653. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i3.409

Maslach, C., ; Leiter, M. P. (2016). Burnout. Stress: Concepts, Cognition, Emotion, and Behavior: Handbook of Stress. 351–357.

Mostafavian, Z., Farajpour, A., Ashkezari, S. N., & Shaye, Z. A. (2018). Academic Burnout and Some Related Factors in Medical Students. Journal of Ecophysiology and Occupational Health, 18(1–2), 1–5.

Oktasari, M., Andriani, R., & Stevani, H. (2022). Academic Burnout Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Jenis KelaminMaria. Teraputik Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(3), 333–337.

Putri, M. A., Neviyarni, N., & Syukur, Y. (2019). Konseling Keluarga dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy ( REBT ) ; Strategi Mewujudkan Keharmonisan dalam Keluarga. Enlighten : Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 2(1), 1–8.

Rahman, D. H., Simon, I. M., & Multisari, W. (2020). Burnout Akademik Guru Peserta Pendidikan Profesi. Jurnal Konseling Andi Matappa, 4(1), 10–17.

Rahmaniyah, M. (2023). Penerapan Teknik Cognitive Disputation untuk Meningkatkan Self Esteem Pada Siswa Kelas XI di MAN 1 Soppeng. Pinisi Journal Of Education, 1–11.

Rahmatpour, P., Chehrzad, M., Ghanbari, A., & Sadat-Ebrahimi, S. R. (2019). Academic burnout as an educational complication and promotion barrier among undergraduate students: A cross-sectional study. Journal of Education and Health Promotion, 8(201).

Retnowati. (2018). Keefektifan Konseling Rational Emotive Behaviour Untuk Menurunkan Kejenuhan Belajar Siswa SMP. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, 1(1), 32–41.

Sukirno, A., & Rohayanti, R. (2020). Konseling Kelompok Dalam Upaya Meningkatkan Semangat Belajar Mahasiswa Aktivis Pramuka. Jurnal Al Shifa, 1(2), 111–117.

Thahir, A., & Rizkiyani, D. (2016). Pengaruh Konseling Rational Emotif Behavior Therapy (REBT) dalam Mengurangi Kecemasan Peserta Didik Kelas VIII SMP Gajah Mada Bandar Lampung. KONSELI : Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 3(2), 197–206.

Published

2025-02-10