Bimbingan dan Konseling untuk Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.131.07Keywords:
prokrastinasi akademik, mahasiswa, bimbingan dan konseling, perguruan tinggiAbstract
Prokrastinasi akademik merupakan tantangan signifikan dalam proses pembelajaran mahasiswa, yang dapat berdampak negatif pada aktivitas akademik dan kesejahteraan psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk memahami tingkat prokrastinasi akademik yang dialami oleh mahasiswa Program Bimbingan dan Konseling. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengeksplorasi aspek-aspek perilaku prokrastinasi yang mungkin muncul pada mahasiswa, serta untuk mengatasi dan menangani prokrastinasi akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif melalui survei deskriptif, melibatkan 209 mahasiswa dari Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, angkatan 2020, 2021, dan 2022. Pengukuran tingkat prokrastinasi akademik mencakup aspek gangguan perhatian, keyakinan psikologis terhadap kemampuan, inisiatif personal, keterampilan mengatur waktu, faktor sosial prokrastinasi, dan kemalasan. Skala yang digunakan untuk mengukur kecenderungan prokrastinasi akademik adalah penskalaan model Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, tingkat kecenderungan prokrastinasi akademik mahasiswa Bimbingan dan Konseling di Universitas Pendidikan Indonesia, yang diwakili oleh 209 mahasiswa, berada pada kategori sedang. Mayoritas mahasiswa, sebanyak 90% atau 188 orang, memiliki tingkat kecenderungan prokrastinasi akademik pada kategori sedang. Sedangkan, 2% atau 5 mahasiswa menunjukkan perilaku prokrastinasi akademik yang signifikan pada tingkat kecenderungan tinggi, dan 8% atau 16 mahasiswa menunjukkan perilaku prokrastinasi akademik yang minimal pada tingkat kecenderungan rendah.
References
Asri, D. N., & Kadafi, A. (2020). Effects of self-instruction and time management techniques in group counseling to reduce academic procrastination. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 5(3), 112-121. https://core.ac.uk/download/pdf/354310 109.pdf
Burka, J. B., & Yuen, L. M. (2008). Procrastination: Why You Do It, What to Do about It Now. Cambridge, MA: Da Capo Press.
Ferrari, J.R., & Morales, J.F.D. (2007). Perceptions of self-concept and selfpresentation by procrastinators: Further Evidence. The Spanish Journal of Psychology, 10(1), 91-96. Diunduh darihttps://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubm ed/17549881
Ferrari, JR. Johnson, JI & McCown, WG. (1995). Procrastination and Task Avoidance: Theory, Research, and Treatment. Plenum Press.
Glick, D. M., & Orsillo, S. M. (2015). An investigation of the efficacy of acceptance-based behavioral therapy for academic procrastination. Journal of Experimental Psychology: General, 144(2), 400–409. https://doi.org/10.1037/xge0000050
Hailikari, T., Katajavuori, N. & Asikainen, H. (2021). Understanding procrastination: A case of a study skills course. Soc Psychol Educ 24, 589–606 https://doi.org/10.1007/s11218-021- 09621-2
Hurlock, E. B. (2012). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga.
Knaus, W. (2010). End Procrastination Now! Get It Done With a Proven Psychological Approach. The McGraw-Hill Companies.
McCloskey, J. (2012). Academic Procrastination: the development of a scale. Lambert Academic Publishing.
McCloskey, J. D. (2011). Finally, My Thesis On Academic Procrastination. Thesis. http://hdl.handle.net/10106/9538
Misra, R., & Castillo, L. G. (2004). Academic Stress among College Students: Comparison of American and International Students. International Journal of Stress Management, 11, 132-148. https://doi.org/10.1037/1072-5245.11.2.132
Nufi, E. P., Setiyowati, A. J., & Rahman, D. H. (2021). Panduan Self Instruction dengan Pendekatan Structured Learning Approach untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(2), 228-234.
Pratama, (2020) Hubungan Kontrol Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa yang Mengikuti Resimen Mahasiswa di Teritorial Sub-A Mahadipa Jawa Tengah. Under Graduates thesis, Unnes.
Pychyl, T. A. (2013). The procrastinator's digest: A Concise Guide to Solving The Procrastination Puzzle. Canada: Howling Pines Publishers.
Republik Indonesia. (2012). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Sekretariat Negara. Jakarta.
Rozental, A., Forsell, E., Svensson, A., Andersson, G., & Carlbring, P. (2015). Internet-based cognitive—behavior therapy for procrastination: A randomized controlled trial. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 83(4), 808–824. https://doi.org/10.1037/ccp000002
3
Santrock, J. W. (2012). LifeSpan Development: Perkembangan Masa Hidup Edisi 13 Jilid 1 (13). Jakarta: Erlangga.
Sepehrian, F., & Jabari L. J. (2011). The effect of copying styles and gender on academic procrastination among university students. Journal of Basic & Applied Scientific Research, 1(12), 2987–2993. Retrieved from https://www.textroad.com/pdf/JBASR/J.%20Basic.%20Appl.%20Sci.%20 Res.,%201(12)2987-2993,%202011.pdf
Tice, D. M., & Baumeister, R. F. (1997). Longitudinal study of procrastination, performance, stress, and health: The costs and benefits of dawdling. Psychological science, 8(6), 454-458.
Zarrin, S. A., Gracia, E., & Paixão, M. P. (2020). Prediction of academic procrastination by fear of failure and self-regulation. Educational Sciences: Theory & Practice, 20(3), 34-43.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tasya Rizky Yuniar, Yusi Riksa Yustiana, Dodi Suryana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY