HUBUNGAN ANTARA LOCUS OF CONTROL DAN PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG PENDIDIKAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR SERTA IMPLIKASINYA DALAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.062.07Keywords:
Locus of Control, Persepsi peserta didik tentang Pendidikan, Motivasi BelajarAbstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya motivasi belajar peserta didik. Locus of control dan persepsi peserta didik tentang pendidikan merupakan faktor yang dapat memprediksi motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) locus of control, (2) persepsi peserta didik tentang pendidikan, (3) motivasi belajar, dan menguji: (4) hubungan antara locus of control dengan motivasi belajar (5) persepsi peserta didik tentang pendidikan dengan motivasi belajar, dan (6) hubungan antara locus of control dan persepsi peserta didik tentang pendidikan dengan motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah 623 peserta didik SMA Pertiwi 1 Padang pada kelas X dan XI dan sampel sebanyak 243 peserta didik, yang dipilih dengan teknik proportional stratified random sampling. Instrumen penelitian ini adalah model skala likert. Uji validitas hasil instrumen locus of control adalah 0,405, persepsi peserta didik tentang pendidikan adalah 0,631, dan motivasi belajar adalah 0,615. Hasil uji reliabilitas instrumen locus of control adalah 0,747, persepsi peserta didik tentang pendidikan sebesar 0,944, dan motivasi belajar sebesar 0,925. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, regresi sederhana dan multiple. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata, deskripsi locus of control internal peserta didik berada pada kategori sedang, (2) persepsi peserta didik tentang pendidikan pada kategori sangat positif, (3) motivasi belajar pada kategori tinggi, (4) terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi peserta didik tentang pendidikan dengan motivasi belajar (R = 0,432), (5) terdapat hubungan yang signifikan antara locus of control dan (6) persepsi peserta didik tentang pendidikan dengan motivasi belajar (R = 0,449). Implikasi dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai program pelayanan bimbingan dan konseling di SMA Pertiwi 1 Padang.
References
Crider, A. B. (1983). Psychology. Glenview, Illinois: Scott Foresman and Company: United State of America.
Elliott, S.N. & Travers, J.F. (1996). Educational Psychology: Effective teaching, effective learning. Dubuque: Brown & Benchmark.
Loice, M. C. (2014). The Influence of Locus of Control on Employees’ Perceptions of The Effectiveness of Performance Appraisal at Kenya Revenue Authority (Southern Region). A research Project Submitted in Partial Fulfillmentof the Requirements for the Award of The Degree of Master of Business Administration (MBA), (Online), (www.erepository.ounbi.ac.ke/..../Mutai.The%20influen, diakses 11 September 2015).
Mangkuprawira, TB. S. & Hubeis, A. V. (2007). Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia. Bogor: Ghalia Indonesia.
Megawati, L. (2015). Persepsi peserta didik tentang Mata Pelajaran Matematika dan Hubungannya dengan Motivasi Belajar serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan Konseling di SMPN 25 Pekanbaru. (Unpublished Master’s Thesis). Universitas Negeri Padang, Padang.
Mugiarso, C. H & Suharso. (2013). Hubungan locus of control dengan motivasi konselor dalam layanan konseling perorangan. Indonesian Journal Of Guidance And Counseling: Theory And Application, 2(3), 41-49.
Nirwana, H. (2003). Hubungan Tingkat Aspirasi dan Persepsi tentang Belajar dengan Hasil Belajar Matematika peserta didik Sekolah Menengah Umum yang Berlatar Belakang Budaya Minangkabau dan Batak. (Unpublished Dissertation) Universitas Negeri Malang, Malang.
Rotter, J.B. (1966). Generalized Expectancies for Internal Versus External Control of Reinforcement. American Psychological Association, 80(1), 1-28.
Sarwono, S. W. (2012). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sobur, A. (2003). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Sternberg, R. J. (2008). Psikologi Kognitif Edisi Keempat (Y. Santoso, Trans.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suryabrata, S. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Syah, M. (2001). Psikologi Belajar. Jakarta: Logos Wancana Ilmu.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY