Hubungan Adaptabilitas Karier dan Kebahagiaan pada Generasi Z

Authors

  • Nurmalita Kunti Puspita Ningrum Universitas Negeri Jakarta
  • Dede Rahmat Hidayat Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009//INSIGHT.131.06

Keywords:

Adaptabilitas Karier, Kebahagiaan, Generasi Z

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menanalisis hubungan antara adaptabilitas karier dan kebahagiaan pada generasi Z. Populasinya adalah mahasiswa akhir di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta dengan jumlah sampel sebanyak 94 mahasiswa akhir angkatan 2018 & 2019 yang sudah mengikuti PKM/PKL/Magang dihitung menggunakan rumus slovin. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan kriteria khusus pada responden secara daring melalui Google Form. Instrumen Career Adapt-Ability Scale (CAAS) dan Collage Student Subjective Well-Being Questionnaire (CSSWBQ) yang telah diadaptasi dan diuji validitas serta reabilitas. Hasil penelitian secara umum didapatkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa adaptabilitas karier mahasiswa akhir FIP memiliki skor rata-rata sebesar 97,18 dan kebahagiaan sebesar 86.06. Hasil uji kedua variabel memiliki keterhubungan yang signifikan dan berkorelasi ke arah positif dengan ketagori tingkat hubungan yang kuat (nilai signifikansi p = 0,000 < 0,05 dengan nilai koefisien r = 0,607). Maknanya adalah generasi Z memiliki kesadaran dalam memilih karier, tampak pada perilaku ketika menjalani pendidikan dengan rasa bersyukur terhadap lingkungan pendidikan yang dimilikinya saat ini, sehingga implikasi yang dapat diberikan kepada mahasiswa berupa pelatihan dan pengembangan adaptabilitas karier pada keingintahuan karier dan akademik efikasi pada peningkatan kebahagiaan.

References

American Psychological Association. (2018). Stress in America: Generation Z. Stress in America Survey.

Bocciardi, F., Caputo, A., Fregonese, C., Langher, V., & Sartori, R. (2017). Career Adaptability as a Strategic Competence For Career Development. European Journal of Training and Development, 41(1), 67–82. https://doi.org/10.1108/EJTD-07-2016-0049

BPS. (2022a). Bonus Demografi dan Harapan Kedepannya. Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi

BPS. (2022b). Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan (Orang), 2021-2022. Bada Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/pressrelease/2022/11/07/1916/agustus-2022--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-86-persen-dan-rata-rata-upah-buruh-sebesar-3-07-juta-rupiah-per-bulan.html

Bullock-Yowell, E., Andrews, L., & Buzzetta, M. E. (2011). Explaining Career Decision-Making Self-Efficacy: Personality, Cognitions, and Cultural Mistrust. The Career Development Quarterly, 59(5), 400–411. https://doi.org/10.1002/j.2161-0045.2011.tb00967.x

Creed, P. A., Fallon, T., & Hood, M. (2009). The Relationship Between Career Adaptability, Person and Situation Variables, and Career Concerns in Young Adults. Journal of Vocational Behavior, 74(2), 219–229. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2008.12.004

Dangmei, J., Singh, A., & Professor, A. (2016). Understanding The Generation Z: The Future Workforce. Dalam South-Asian Journal of Multidisciplinary Studies (SAJMS) (Vol. 3). https://www.researchgate.net/publication/305280948

Diener, E. (2000). Subjective well-being: The science of happiness and a proposal for a national index. American Psychologist, 55(1), 34–43. https://doi.org/10.1037/0003-066X.55.1.34

Dwidienawati, D., & Gandasari, D. (2018). Understanding Indonesia’s Generation Z. International Journal of Engineering & Technology, 245–252.

Hidayat, R. D., Cahyawulan, W., & Alfan, R. (2019). Karier: Teori dan Aplikasinya Dalam Bimbingan dan Konseling Komprehensif (A. Nandika, Ed.). CV Jejak.

Hirschi, A. (2009). Career Adaptability Development in Adolescence: Multiple Predictors and Effect on Sense of Power and Life Satisfaction. Journal of Vocational Behavior, 74(2), 145–155. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2009.01.002

Karacan-Ozdemir, N. (2019). Associations between career adaptability and career decision-making difficulties among Turkish high school students. International Journal for Educational and Vocational Guidance, 19(3), 475–495. https://doi.org/10.1007/s10775-019-09389-0

Karavdic, S., & Baumann, M. (2014). Positive Career Attitudes Effect on Happiness and Life Statisfaction by Master Students and Graduates. Open Journal of Social Sciences, 15–23.

Kemendikbud. (2019). Aplikasi “Aku Pintar” Untuk Telusuri Minat dan Bakat Siswa. Biro Komunikasi Dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/02/aplikasi-aku-pintar-untuk-telusuri-minat-dan-bakat-siswa

Latifah, D. E., Habaib, M., Lisnawati, Suhendraya Muchtar, H., & Sulastini, R. (2022). Peranan Kurikulum LPTK Berbasis KKNI di Perguruan Tinggi. Al-Hasanah: Islamic Religious Education Journal, 7(1), 103–116. https://doi.org/10.51729/7157

Maloni, M., Hiatt, M. S., & Campbell, S. (2019). Understanding the work values of Gen Z business students. International Journal of Management Education, 17(3). https://doi.org/10.1016/j.ijme.2019.100320

Manaf, A., & Hammami, T. (2020). Strategi Kurikulum 2013 Dalam Mengembangkan Daya Kritis Generasi Z. Instructional Development Journal (IDJ), 3(3). http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IDJ

Nasa, F. A., Susanti, M., Sembiring, L. S., Fahmy, R., Rusli, M., Rahayuningsih, T., Oktari, S., & Kurnianto, Y. (2022). Kepercayaan Diri Generasi Z Indonesia Memasuki Dunia Kerja: Gambaran Self-Perceived Employability. Jurnal Ilmu Perilaku, 6, 188–205

Putra, Y. (2016). Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi. Among Makarti, 9.

Ramdhani, R. N., Budiamin, A., & Budiman, N. (2019). Adaptabilitas Karir Dewasa Awal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(3), 361–370. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i3.15008

Renshaw, T. L. (2018). Psychometrics of the Revised College Student Subjective Wellbeing Questionnaire. Canadian Journal of School Psychology, 33(2), 136–149. https://doi.org/10.1177/0829573516678704

Renshaw, T. L., & Bolognino, S. J. (2016). The College Student Subjective Wellbeing Questionnaire: A Brief, Multidimensional Measure of Undergraduate’s Covitality. Journal of Happiness Studies, 17(2), 463–484. https://doi.org/10.1007/s10902-014-9606-4

Rottinghaus, P. J., Day, S. X., & Borgen, F. H. (2005). The Career Futures Inventory: A Measure of Career-Related Adaptability and Optimism. Journal of Career Assessment, 13(1), 3–24. https://doi.org/10.1177/1069072704270271

Savickas, L. M. (1997). Career Adaptability: An Integrative Construct for Lifespan, Life-Space Theory. The Career Development Quarterly, 45(3), 247–259. https://doi.org/10.1002/j.2161-0045.1997.tb00469.x

Savickas, M. (2013). Career Construction Theory and Practice. Dalam D. S. Brown & W. R. Lent (Ed.), Career Development and Counseling: Putting Theory and Research to Work (2 ed., hlm. 147–183). John Wiley & Sons, Inc.

Savickas, M. L., & Porfeli, E. J. (2012). Career Adapt-Abilities Scale: Construction, reliability, and measurement equivalence across 13 countries. Journal of Vocational Behavior, 80(3), 661–673. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2012.01.011

Schroth, H. (2019). Are you ready for gen Z in the workplace? California Management Review, 61(3), 5–18. https://doi.org/10.1177/0008125619841006

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan (Empat). Prenadamedia Group.

Sisca, & Gunawan, W. (2015). Gambaran Adaptabilitas Karier Remaja. Jurnal Psikologi, 11(2), 111–119. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2019.100320

Suryahadikusumah, R. A. (2021). Pengembangan Microblog Untuk Meningkatkan Karier Adaptabilitas Mahasiswa (A. R. Suryahadikusumah & L. Fulisdha, Ed.; 1 ed.). CV. Media Karya Kreatif.

Violina, E. I. (2017). Kematangan Karier Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 2(2), 72–80. https://doi.org/10.30870/jpbk.v2i2.3056

Yüksel, İ., Arar, T., & Yuksel, I. (2015). How To Manage Generation Z In Bussiness Life? JGEMBR, 4(4), 195–202.

ZipRecuiter. (2022). The Most Regretted and Most Loved College Majors. ZipRecuiter. https://www.ziprecruiter.com/blog/regret-free-college-majors/

Published

2025-02-07