Revolusi Kemandirian Belajar di Madrasah Ibtidaiyah Melalui Optimalisasi Bimbingan dan Konseling yang Kreatif

Authors

  • Emiliya Fatmawati UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Donny Khoirul Aziz UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.21009/INSIGHT.131.04

Keywords:

Guidance counseling, Learning independence, Madrasah ibtidaiyah, Educational strategy

Abstract

Rendahnya kemandirian belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah menjadi masalah yang semakin mencolok, terutama karena ketergantungan pada metode pengajaran tradisional dan penerapan bimbingan dan konseling (BK) yang tidak optimal. Siswa seringkali tidak memiliki keterampilan untuk belajar secara mandiri, dan peran BK dalam mengatasi masalah ini masih kurang dimaksimalkan. Dalam dunia pendidikan abad ke-21, kemandirian belajar adalah keterampilan krusial untuk menghadapi perubahan dan tantangan global. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi kreatif dalam optimalisasi BK guna meningkatkan kemandirian belajar siswa di lingkungan madrasah. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif melalui metode studi pustaka, mengkaji berbagai literatur terkait peran BK dalam pendidikan. Hasilnya menunjukkan bahwa strategi BK yang inovatif, seperti pendekatan individual yang memotivasi siswa dan konseling kelompok yang interaktif, dapat memperkuat kemampuan siswa untuk mengatur belajar mereka sendiri. Temuan ini menekankan bahwa BK yang kreatif mampu menjadi kunci dalam membangun siswa yang mandiri, baik secara akademis maupun dalam pengembangan pribadi.

Published

2025-02-10