Revolusi Kemandirian Belajar di Madrasah Ibtidaiyah Melalui Optimalisasi Bimbingan dan Konseling yang Kreatif
DOI:
https://doi.org/10.21009/INSIGHT.131.04Keywords:
Guidance counseling, Learning independence, Madrasah ibtidaiyah, Educational strategyAbstract
Rendahnya kemandirian belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah menjadi masalah yang semakin mencolok, terutama karena ketergantungan pada metode pengajaran tradisional dan penerapan bimbingan dan konseling (BK) yang tidak optimal. Siswa seringkali tidak memiliki keterampilan untuk belajar secara mandiri, dan peran BK dalam mengatasi masalah ini masih kurang dimaksimalkan. Dalam dunia pendidikan abad ke-21, kemandirian belajar adalah keterampilan krusial untuk menghadapi perubahan dan tantangan global. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi kreatif dalam optimalisasi BK guna meningkatkan kemandirian belajar siswa di lingkungan madrasah. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif melalui metode studi pustaka, mengkaji berbagai literatur terkait peran BK dalam pendidikan. Hasilnya menunjukkan bahwa strategi BK yang inovatif, seperti pendekatan individual yang memotivasi siswa dan konseling kelompok yang interaktif, dapat memperkuat kemampuan siswa untuk mengatur belajar mereka sendiri. Temuan ini menekankan bahwa BK yang kreatif mampu menjadi kunci dalam membangun siswa yang mandiri, baik secara akademis maupun dalam pengembangan pribadi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Emiliya Fatmawati, Donny Khoirul Aziz

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
Users/public use of this website will be licensed to CC BY